Berita

Hadir di Malam Peduli Bencana Palu dan Donggala, KH. Makruf Amin Singgung Arus Baru Ekonomi

Kanigoro.com – Cawapres KH. Makruf Amin menyempatkan hadir pada acara grand dinner yang diselenggarakan oleh Simac dan Akurindo dalam malam peduli bencana Palu dan Donggala di Luxury Hotel Nusa Dua Bali, Kamis malam (11/10).

Acara juga dihadiri Emir Moeis (Ketua Umum Akurindo), pejabat dari Kemenkop, Raja Ubud Bali, Gus Syauqi (Ketua Dewan Pembina Gus Iwan) serta Ketua dan Sekjen Relawan Kurma,  Gus Rosikh dan Aris Munandar. Tampak hadir juga pengusaha-pengusaha lokal Bali.

KH. Makruf Amin dalam sambutannya menyampaikan, bahwa arus baru ekonomi Indonesia harus bergulir sesuai harapan.

“Karena arus lama yang terjadi kini hanya menciptakan konglomerasi-konglomerasi baru, tidak memberi ruang bagi yang lemah untuk berkembang dan maju,” ujarnya.

Menurut Kyai, menjadi tugas santri untuk menghilangkan atau meminimalisir kesenjangan antara yang kuat dan lemah.

Makruf Amin mengungkapkan disparitas ini harus dihilangkan atau diperpendek muatannya yaitu dengan cara menguatkan yang lemah. Atau terciptanya kolaborasi antara yang lemah dan kuat, sehingga program kemitraan, pendampingan dan penciptaan  kondisi hubungan batin antara yang kuat dan lemah bisa dirasakan oleh semua pihak. 

Persoalan ini, lanjut Makruf Amin akan terjawab dengan sendirinya ketika arus baru ekonomi Indonesia hadir di tengah-tengah rakyat.

“Wujud kemitraan bisa dalam bentuk pembiayaan, budidaya pertanian, perkebunan, kelautan, dan sektor riil, maupun sektor jasa,” jelasnya.

Dalam hal ini perlu pengupayaan kemitraan secara maksimal, yang hanya bisa diujudkan melalui proses dan ketentuan-ketentuan syar’i yang diberlakukan di masyarakat, kata Kiai Makruf. (*)

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

google.com, pub-7568899835703347, DIRECT, f08c47fec0942fa0
mgid.com, 469747, DIRECT, d4c29acad76ce94f