Berita

Gempa 6,4 Skala Richter di Banten Terasa hingga Jakarta

Kanigoro.com – Gempa 6,4 skala Richter (SR) di Banten dan sekitarnya terjadi Selasa siang terasa higga Jakarta. Titik gempa berada di koordinat 7,21 LS dan 105,91 BT atau tepatnya 81 km arah barat daya dari Lebak, Banten.

BMKG menyatakan, guncangan gempa disebut tidak berpotensi mengakibatkan tsunami. Pusat gempa berada di sekitar Lebak, Banten. Gempa terjadi pukul 13.34 WIB, Selasa (23/1/2018).

Pusat gempa berada di 10 km di bawah permukaan laut tersebut menimbulkan guncangan keras hingga di Jakarta. Guncangan terasa lebih dari dua menit di gedung-gedung di Jakarta menimbulkan para karyawan berhamburan keluar.

Menurut keterangan Kepala Bidang Informasi dan Gempa Bumi BMKG gempa terasa hingga bogor dan sekitarnya. “Gempa berkekuatan 6,4 (lima menit pertama) pusat gempa 81 Km barat daya Lebak, Banten. Update kekuatan gempa 6,1 SR,” katanya.
Daryono menjelaskan, berdasarkan kedalamannya gempa tersebut disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di selatan Banten.

Hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami. “Sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa. Masyarakat diimbau tetap tenang,” pungkas Daryono.
(berbagai sumber)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya
Scroll Up