Berita

Emak Jadi Sapaan Resmi Koalisi Prabowo-Sandi

Kanigoro.com – Para Perempuan anggota partai koalisi Prabowo-Sandi menyepakati emak menjadi sapaan resmi di antara mereka. Emak-emak adalah panggilan sayang, panggilan cinta, dan panggilan kehormatan kepada perempuan yang melahirkan, membesarkan, atau sangat dekat dengan kita.

“Saya tidak sepakat kalau panggilan emak-emak dinilai sebagai merendahkan martabat wanita Indonesia, “ kata ketua DPP PKS Ledia Hanifa usai rapat para Sekjen Partai Koalisi Prabowo-Sandi di jalan Daksa, Jakarta, Senin (17/9).

Menurut Ledia selama ini kita mengaku menghormati keberagaman, mengapa soal panggilan yang berbeda saja sampai harus dipermasalahkan. Di Medan orang biasa memanggil Omak, di Betawi emak, atau nyak, orang Sunda biasa memanggil emak, atau, ambu, di Jawa ada yang memanggil mak, simbok, atau ibu, di Sumatera Barat orang memanggil amak. “Jadi itu merupakan tradisi yang sudah melekat untuk memanggil seorang yang dihormati.”

Dengan memperkenalkan sapaan emak, kata Wakil Sekjen PAN Damayanti Hakim, mereka ingin menyadarkan bahwa suara kalangan emak-emak sangat penting, karena itu mereka dilibatkan dalam setiap keputusan berbangsa dan bernegara, termasuk keputusan politik yang sangat penting seperti Pilpres.

Emak menempati posisi penting sebagai pilar bangsa, dan perawat dan penerus bangsa. “Agak mengherankan bila ada yang merasa tidak nyaman dengan panggilan emak. Itu justru sikap yang merendahkan arti dan makna emak itu sendiri,” tegas Damayanti Hakim. (t)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Check Also

Close
Scroll Up