Berita

DOB Kota Panton Labu dapat Rekomendasi dari DPRK Aceh Utara

Kanigoro.com – Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kota Panton Labu pada hari Selasa, 2 Oktober 2018, resmi mendapat dukungan dari DPRK Aceh Utara. Rekomendasi dukungan ditanda-tangani Ketua DPRK Aceh Utara Ismail Ajalil (Ayahwa) sebagai syarat persiapan pembentukan Kota Panton Labu. Demikian dijelaskan Ketua Komite CDOB Kota Panton Labu Hendra Nurdin.

Lebih lanjut Hendra Nurdin menjelaskan, bahwa DOB Kota Panton Labu sudah satu tahun lebih mempersiapkan diri untuk menjadi kota melalui berbagai upaya dan kegiatan yang disyaratkan sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Saat ini kita telah mendapat persetujuan dari Bupati dan DPRK Aceh Utara sebagaimana syarat adminitrasi yang disebutkan dalam undang-undang,” jelasnya.

Hendra menambahkan saat ini sedang menunggu surat rekomendasi selanjutnya dari Gubernur Aceh dan DPR Aceh.

“Kita sudah mengajukan surat permohonan rekomendasi dan proposal persiapan pemekaran,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Jakarta untuk CDOB Kota Panton Labu Munawar Khalil, S.IP menyambut baik dengan keluarnya rekomendasi dari DPRK Aceh Utara. Dia berharap rekomendasi tersebut dapat mempercepat pendaftaran CDOB Kota Panton Labu ke Kemendagri.

“Selama ini DOB Kota Panton Labu juga telah ikut dalam berbagai upaya untuk mempercepat proses pemekaran ini. Salah satunya aksi nasional yang dilaksanakan di Jakarta baru-baru ini,” ungkapnya.

Munawar menambahkan, bahwa di Jakarta pihaknya juga aktif dalam berbagai usaha untuk mempercepat lahirnya daerah otonomi.

“Kemarin kita audensi dengan DPD RI dan aksi nasional bersama Forkonas untuk meminta pemerintah segera mencabut moratorium pembentukan DOB. Kita juga meminta pemerintah segera menanda-tangani PP Desartada dan Detada yang selama ini masih ditunda,” tambahnya.

Sejauh ini CDOB Kota Panton Labu telah melengkapi berbagai persyaratan yang tertera dalam UU Nomor 23 Tahun 2014. Surat dukungan kepala desa, kajian akademis, potensi pendapatan daerah, peta wilayah, rekomendasi dari Bupati dan DPRK Aceh Utara serta syarat lainnya.

“Semua sudah kita gabungkan menjadi satu proposal utuh yang nanti akan diantarkan kepada Mendagri,” jelas Munawar.

Menurut Munawar, pihaknya selalu mengharap dukungan dari semua pihak, terkhusus seluruh masyarakat kawasan DOB Kota Panton Labu agar cita-cita bersama ini secepatnya terealisasi.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya
Scroll Up