Berita

Dialog Budaya KBPII Pusat: Pilpres 2019, Menyusuri Pulau Jawa, Memenangkan Pulau Jawa

Kanigoro.com – Paku bumi pulau Jawa ada di Gunung Tidar Magelang. Di tengah-tengah Gunung Merapi dan Merbabu terpancarlah aliran sungai yang namanya Kali Elo. Sementara di Gunung Sumbing dan Sindoro, mengalir sungai yang dinamai Sungai Progo. Pusat Pulau Jawa ada di tengahnya tempuran antara Sungai Progo dan Kali Elo. Dan entah kenapa Candi Borobudur dan Candi Mendut berada di lingkaran Sungai Progo dan Kali Elo.

Menyatunya Sungai Progo dan Kali Elo adalah simbol penyatu antara gunung-gunung di Jawa tengah: Merapi Merbabu bersinggungan dengan Sumbing Sindoro.

Tiap malam Jumat Kliwon kita bisa menyaksikan bintang gemerlap dan kilatan cahaya di tengah tengah tempuran antara Sungai Progo dan Kali Elo.

Dan Candi Borobudur yang megah beserta Candi Pawon dan Mendut sebagai penuntun peradaban Pulau Jawa juga berada di sekitar situ.

Kunci Kemenangan Pemilu 2019 di Jawa: Punggung Jawa untuk Jawa Tengah dan Lembah Jawa untuk Jawa Timur.

1. Yang bertarung adalah kelompok politik pro status quo dan pro perubahan. Status quonya mendasar, perubahannya juga mendasar.

2. Kekuatan keduanya fifty-fifty.

3. Efek kampanye terlalu lama. Melelahkan rakyat, bisa menyebabkan gagal fokus dan gagal isu. Muncul kemungkinan efek bumerang.

4. Efek pemilihan serentak (Pileg dan Pilpres) membuat fokus utama pada Pilpres (first market), Pilegnya menjadi seperti session tambahan (second market), pemilihan DPD berada pada pasar ketiga.

Ini cukup membingungkan pemilih di tingkat akar rumput.

5. Berita politik di media mainstream (cetak dan elektronik) menjadi tidak menarik, kurang diminati dan kurang dijadikan rujukan. Masyarakat pemilih cenderung kehilangan kepercayaan pada media.

6. Media online dan medsos cenderung jadi rujukan. Efek debat capres dan debat ILC menjadi bola salju di media online dan medsos.

7. Masyarakat cenderung kebal dan kritis terhadap politik uang (terima uangnya tidak perlu pilih orangnya). Efek politik uang cenderung lemah dan tidak bisa dijadikan alat buldoser politik.

8. Botoh politik global untuk mempengaruhi Pilpres dan Pileg (botoh dari Timur dan dari Barat) terlalu kentara kemunculannya.

9. Analisa status quo dan perubahan peta politik di punggung Jawa Tengah dan di lembah Jawa Timur serta Jawa Barat pada saatnya akan dikeluarkan. Karena itu Ikuti Diskusi Budaya Politik pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 14 Februari 2019

Waktu: Pukul 19.00 s.d 22.00 WIB

Tempat: Rumah KBPII, Jalan Cibitung III No. 7, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Pembicara:

1. Musthofa W. Hasyim (Budayawan)

2. Djayadi Hanan (Pengamat Politik)

3. Erwin Singajuru Dua (Politisi PDIP)

Acara akan dipandu oleh Aris Munandar (Sekjen Relawan Kurma).

Tertarik? Silahkan hadir dalam diskusi tersebut.

 

Salam

Muhammad Ridho

Panitia Pelaksana

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait