Berita

Dahlan Iskan Bagikan Teori Bisnis Lewat Kisah Mahasiswa

Kanigoro.com – Dahlan Iskan, raja media cetak dari Jatim, sedang menjadi pemateri seminar kewirausahaan dengan Tema, “Mewujudkan Jiwa Inovatif dan Kreatif dalam Semangat Entrepreneurship” , Selasa (7/11), di Auditorium Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Unesa Surabaya.

Sebelum Dahlan memulai orasinya, dia minta peserta untuk bertestimoni pangalaman wirausahanya.

Adalah Vivin Faizatul Marita, mahasiswa Fakultas Psikologi Unesa smester 1 angkat tangan dan bertestimoni. Padahal Vivin tidak berasal dari keluarga pengusaha. Meski begitu dia tidak canggung untuk berbisnis. Saat duduk di bangku Sekolah Dasar, dia berjualan stiker-stiker lucu. Ketika kelas X1 SMK 3 Buduran, bisnisnya bergeser ke bidang lain. Yakni, berjualan susu sapi ke sekolah sekolah hingga sekarang sudah berjalan 2,5 tahun.
“Lumayan, satu hari bisa sampai 10 liter,” ujarnya ketika ditanya Dahlan Iskan seperti dikutip Jawa Pos (7/11).

Dari dialog singkat dengan Vivin itu, Dahlan menyimpulkan, ada dua teori bisnis. Yakni, tidak perlu ada darah atau keturunan pengusaha untuk bisa jadi pengusaha. Kedua, tidak perlu menunggu apa pun untuk mulai jadi pengusaha.
“Tidak perlu nunggu lulus kuliah, harus menikah dulu dan lain
-lain,” kata Dahlan.

Mengapa Vivin memilih berbisnis susu? Karena Vivin suka susu. Lagi lagi, Dahlan menemukan teori bisnis yang ketiga pada diri Vivin. Yakni, berdagang hal-hal yang disukai.”Karena Vivin suka susu, dia pun berdagang susu,” ujar Dahlan.

Selain Vivin, ada beberapa teori bisnis yang disampaikan Dahlan. Yakni, kebanggaan pada orang tua akan menginspirasi anak untuk berkembang. Untuk menjadi pengusaha, tidak perlu modal yang besar. Yang tidak kalah penting, menjadi pengusaha itu harus optimis. (Sudono Syueb)*

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait

Check Also

Close
Scroll Up