Berita

Cetak Attitude Pekerja, BLK Internasional Lombok Timur Libatkan TNI Sebagai Pelatih

Kanigoro.com – Untuk mengawal attitude dan disiplin peserta, Balai Latihan Kerja (BLK) Internasional di Lombok Timur disamping mengandalkan program berbasis kompetensi dengan pola On Boarding (menginap), juga melibatkan TNI sebagai pelatih.

“Siswa diasramakan dengan dilatih oleh TNI untuk mengawal attitude, knowkedge dan skill sehingga alumni BLK ini ajan menjadi calon tenaga kerja yang betul-betul memiliki kompetensi yang siap bersaing di taraf internasional,” ujar Kepala BLK Lombok Timur, Sirman, pada acara Press Tour Kemnaker bertajuk “Pembangunan Ketenagakerjaan Melalui Pengembangan Potensi Daerah” di Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur (Lotim), Nusa Tenggara Barat, Kamis (22/3/2018).

Balai Latihan Kerja (BLK) Internasional yang terletak di Desa Lenek, Kecamatan Aikmal, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat telah mampu mencetak para lulusan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan permintaan pasar kerja di dalam dan luar negeri.

“Tenaga kerja yang dicetak melalui BLK Lombok Timur ini memenuhi standar kompetensinya dan mampu bersaing dengan masyarakat dunia dengan tenaga yang profesional,” tambah Sirman.

Menurutnya, semua alumni tahun 2015 hingga 2017 seluruhnya telah ditempatkan dan bekerja langsung di kapal pesiar. “Sebanyak 1.398 orang, seluruhnya telah ditempatkan dan bekerja langsung di kapal pesiar kerjasama Royal Caribean,” ujarnya.

Sirman menambahkan, disamping program pelatihan kapal pesiar, BLK Internasional Lotim ini juga mengadakan program pelatihan perhotelan. “Hal ini untuk memenuhi permintaan masyarakat yang tidak ingin ke kapal pesiar, namun mereka ingin kerja di dalam negeri,” terang Sirman.

Sirman menjelaskan, selama dua tahun berdiri, BLK Lotim di angkatan pertama sebanyak 1.257 siswa mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) pariwisata tahun anggaran 2017. “Sebanyak 628 siswa mengikuti program kapal pesiar dan 629 program perhotelan,” jelas Sirman.

Sirman menambahkan, proyeksi pelatihan berbasis kompetensi (PBK) di Tahun Anggaran 2018 ditargetkan 4.928 orang peserta termasuk pelatihan yang dilakukan oleh BLK/LLK di Provinsi NTB dan wilayah NTT. “Adapun proyeksi untuk PBK tahun 2018, BLK Lotim menargetkan 1200 orang, 640 orang jurusan kapal pesiar dan 560 perhotelan. Sedangkan BLK provinsi NTB sebanyak 800 orang. BLK/LLK kab/kota di provinsi NTB dan NTT sebanyak 3.488 orang. “BLK Komunitas 240 orang,” kata Sirman.

Keberadaan BLK sangat positif guna mencetak tenaga yang terampil dan handal serta memiliki jiwa profesionalusme yang tinggi dan mengibarkan bendera merah putih, mrmbawa nama negara di kancah internasional. BLK Lombok Timur ke depan akan terus berupaya untuk mendidik dan mencetak tenaga yang memiliki kompetensi dan dapat diterima pada pasar industri, pungkas Sirman (Azr).

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya
Scroll Up