Berita

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Baznas Lindungi Pekerja Rentan Bukan Penerima Upah

Kanigoro.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan sektor pekerja bukan penerima upah (BPU) yang ada di Baznas.

“Kerjasama kami dengan Baznas ini adalah satu di antara upaya kami untuk dapat memberikan perlindungan kepada pekerja rentan yang kesehariannya berstatus sebagai pekerja namun belum memikirkan atau bahkan belum mampu untuk memiliki perlindungan BPJS Ketenagakerjaan melalui program GN Lingkaran,” ungkap Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis saat acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Baznas dengan BPJS Ketenagakerjaan tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Rentan di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis dan Deputi Baznas, M. Arifin Purwakananta. menyebutkan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan sektor pekerja bukan penerima upah (BPU) yang ada di Baznas. Selain itu, Baznas juga mendukung program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan.

Ilyas menjelaskan bahwa kerjasama dengan Baznas ini adalah satu di antara upaya lembaganya untuk dapat memberikan perlindungan kepada pekerja rentan yang kesehariannya berstatus sebagai pekerja namun belum memikirkan atau bahkan belum mampu untuk memiliki perlindungan BPJS Ketenagakerjaan melalui program GN Lingkaran.

“Untuk pelaksanaan kerjasama ini nantinya Baznas akan menyediakan menu penyaluran donasi GN Lingkaran pada aplikasi yang saat ini telah dimiliki Baznas. Aplikasi yang selama ini dapat digunakan oleh Muzaki (pembayar zakat) untuk membayar zakat kepada Mustahik (penerima zakat) akan dilengkapi dengan data Mustahik yang juga merupakan pekerja rentan sebagai database bagi Muzaki yang ingin memberikan donasi GN Lingkaran,” jelas Ilyas.

GN Lingkaran sendiri menurut Ilyas adalah program BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan wadah untuk donatur yang ingin memberikan donasi berupa perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja rentan, baik secara pribadi maupun melalui perusahaan.

Dengan penandatanganan ini, lanjut Ilyas, digarapkan semakin banyak pekerja rentan yang mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan. “Namun, jangan sampai muncul ketergantungan pekerja rentan. Kami berharap mereka nantinya dapat lebih mandiri dan nendaftar secara pribadi untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” pungkas Ilyas.

Sementara itu, Arifin Purwakananta menyatakan, Baznas mendukung program GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, saat ini masyarakat pada umumnya mungkin lebih mengenal Baznas sebagai badan yang dibentuk pemerintah dengan tugas dan fungsi sebagai penghimpun dan penyalur zakat, infaq dan sedekah.

“Dengan kerjasama ini kami juga ingin dikenal sebagai Badan yang ikut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja melalui program GN Lingkaran,” kata Arifin (Azr)*

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up