Berita

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta Sambut HUT dengan Gelar Pasrah Bersama Relawan BPBD

Kanigoro.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaaan Yogyakarta menyelenggarakan Pasar Murah (Pasrah) di halaman kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sleman Jalan Candi Gebang,Tridadi, Sleman, Senin (5/12/2018).

Kegiatan Pasar Murah (Pasrah) ini Sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat kata Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta melalui Kepala Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta Adi Hendarto.

Dalam kegiatan pasrah, menurut Adi Hendarto BPJS ketenagakerjaan Yogyakarta menyediakan 1.200 paket sembako murah seharga Rp150.000/paket namun peserta atau masyarakat mendapatkan diskon 20 % sampai 30% dari harga “food station” dengan menunjukkan kupon sembako.

Selain menjadi kegiatan sosial, Adi Hendarto menyampaikan tim pasrah juga memberikan sosialisasi edukasi program-program jaminan sosial ketenagakerjaan dengan harapan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan dapat menjadi kebutuhan pekerja dalam menjalankan aktivitasnya.

Dikatakannya, program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ada 4 (empat) program yaitu Jaminan Kecelakaaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Lebih lanjut Adi mengemukakan tidak hanya pekerja formal atau penerima upah yang bisa mendaftarkan proteksi dirinya, pekerja informal atau bukan penerima upah pun bisa menjadi peserta serta pekerja migran indonesia

Dengan iuran bulanan Rp16.800 dengan asumsi upah Rp.1juta, peserta informal mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan dua program dasar layak yaitu JKK dan JKM dengan manfaat bila peserta mengalami musibah kecelakaan kerja, seluruh biaya pengobatan dan perawatan di tanggung sesuai kebutuhan medis dan bila meninggal dunia biasa mendapatkan Rp.24 juta, imbuhnya.

“Jaminan Kecelakaan Kerja memberikan perlindungan atas resiko-resiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja , termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerjanya,” tambahnya.

Selanjutnya, Adi Hendarto menyampaikan klaim jaminan yang sudah terbayarkan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta diantara adalah Jaminan Hari Tua
Penerima upah 13514 kasus sebesar Rp150.123.387.267.30 untuk Bukan Penerima Upah 93 kasus sebesar Rp101.221.080 dan Jaminan Kecelakaan Penerima Upah 1905 kasus sebesar Rp8.477.109.162,41 untuk Bukan Penerima Upah 11 kasus sebesar Rp28.098.296 , Jaminan Kematian Penerima Upah 202 Kasus sebesar Rp5.827.800.000 untuk Jaminan Kematian Bukan Penerima Upah sebesar Rp 144.000.000 serta jaminan pensiun 1742 kasus sebesar Rp280.147.076,19 m, ujar Adi.

Perlu diketahui, BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta pada di hari yang sama juga meraih penghargaan Best Service Award BPJS Ketenagakerjaan.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Pelayanan Krishna Syarif saat upacara HUT ke-41 BPJS Ketenagakerjaan hari Senin di Jakarta (5/12) kepada Kepala BPJS Ketenagakerjaan Yogykarta Ainul Kholid Langsung.

Ia mengemukakan kantornya menjadi salah satu penerima Best Service Award BPJS Ketenagakerjaan kategori Kantor Cabang Utama Terbaik Kedua.

Adi Hendarto menjelaskan Best Service Award adalah salah satu penghargaan yang diberikan kantor pusat berkaitan dengan segala bentuk pelayanan yang diberikan kepada peserta. Semangat Pelayanan Prima yang dibangun, kerja keras dan konsisten melayani peserta menjadi faktor utama Cabang Yogjakarta meraih Peringkat ke- 2 Best Service Award BPJS Ketenagakerjaan.

“Semoga dengan penghargaan tersebut membuat kita terus semangat untuk meningkatkan pelayanan prima kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Adi (azr)

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait

Check Also

Close