Berita

Arab Saudi Kucurkan Investasi 10 Juta Dolar AS untuk Pelatihan dan Sertikasi TKI di NTB

Kanigoro.com – Dengan terbitnya UU No18 /2017 sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan perlindungan serta peningkatan kapasitas TKI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang melibatkan Pemerintah daerah dalam implementasinya, sekaligus dalam rangka mewujudkan PMI yang bermartabat, menjadi momentum bagi pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui penandatanganan Kerjasama Investasi dengan PT Global Alwakil Indonesia (GAI).

Provinsi NTB yang merupakan salah satu wilayah potensial penyedia Pekerja Migran Indonesia terbesar, menangkap peluang kerjasama dengan PT. GAI untuk bersinergi bersama dalam mendukung tata kelola migrasi PMI, yakni dengan memastikan angkatan kerja produktif di wilayah Nusa Tenggara Barat yang berminat bermigrasi dan bekerja di luar negeri untuk mendapatkan informasi yang transparan dan akuntabel tentang peluang kerja di luar negeri dengan menstandarisasi kualitas SDM sesuai dengan standar industri yang menerima mereka bekerja disana.

“Kerjasama yang akan diimplementasikan berupa pelatihan calon Pekerja Migran Indonesia agar mereka memiliki ketrampilan dan keahlian yang layak untuk bekerja di luar negeri, dimana tahap awal dengan meningkatkan kualitas Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemprov NTB,” demikian ujar Direktur PT GAI Aulia Febrina dalam acara MoU dengan Pemprov NTB, di Mataram, Rabu (28/3).

Menurut Febrina, PT. Global Alwakil akan menginvestasikan dana sebesar USD 10.000.000 (sepuluh juta dollar amerika) di Provinsi NTB dan total USD 30.000.000 (tigapuluh juta dollar Amerika) di seluruh Indonesia. Dana tersebut merupakan investasi dari pemerintah Arab Saudi melalui PT GAI.

“Pemprov NTB dan PT. Global Al Wakil Indonesia, bersama-sama sepakat untuk mendukung Pemerintah Pusat dalam mengimplementasikan UU No.18/2017, agar masyarakat memahami transparansi informasi tentang peluang kerja, mulai dari proses penempatan himgga hak dan kewajiban Pekerja Migran Indonesia (PMI). Pemprov NTB dan PT GAI dalam hal ini bersama-sama memastikan agar PMI yang berangkat bekerja ke luar negeri khususnya yang berasal dari Provinsi NTB memiliki kualitas yang sesuai dengan standar penempatan’, ujar Auli Febrina.

Pemerintah Provinsi NTB menurut Aulia Febrina menyambut baik adanya inisiatif dari PT.GAI untuk bekerjasama dan berinvestasi dalam bidang Jasa Pelatihan dan Sertifikasi dengan standar Internasional.

Penandatanganan naskah kerjasama yang diselenggarakan Rabu (28/3) merupakan langkah awal dari program kerja yang akan dilakukan oleh Pemprov NTB dan PT.GAI untuk melaksanakan program pelatihan dan sertifikasi di BLK milik Pemprov NTB.

“Tekad pemprov NTB untuk membenahi tata kelola TKI/PMI dan mencegah PMI unprosedural atau ilegal yang dasarnya adalah memperhatikan perlindungan dari hulu dan kesejahteraan pahlawan devisa yang sudah berkontribusi atas perputaran ekonomi di Provinsi NTB”, pungkas Febrina. (t).

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: