Berita

Anggota Komnas HAM Menduga Ada Pembiaran di Kebakaran Pasar Senen

Jakarta–Kanigoro.com. Pasar Senen, di Jakarta Pusat pada Kamis (19/1/2017) kembali terbakar. Dan dapat dipastikan para pedagang di Pasar Senen mengalami banyak kerugianm

Anggota Komnas HAM Maneger Nasution mengatakan, melihat pola kebakaran yang terjadi, patut diduga pemerintah melakukan pembiaran dengan tidak hadir sebagaimana mestinya untuk menjamin tidak terulangnya peristiwa kebakaran. “Untuk itu patut dimintai pertanggungjawaban pemerintah utamanya, pemangku kepentingan di pasar Senen atas dugaan pembiaraan atau setidaknya kelalaian,” kata Maneger dalam pernyataan yang diterima Kanigoro.com, Sabtu (21/1/2017).

Menurut Maneger, pemerintah tidak dapat begitu saja menganggap sepi tudingan adanya pembiaran terhadap kebakaran Pasar Senen.
“Pemerintah harus menjawab tuduhan sebagian publik bahwa program revitalisasi adalah “rekayasa” kelompok pemodal besar untuk menggusur UMKM,” papar Maneger.

[nextpage title=”Selain itu”]

Selain itu, menurut Maneger, pemerintah harus segera memastikan tempat penampungan sementara para pedagang demi terpenuhinya hak atas pekerjaan dan hak atas kesejahteraan warga negara. Jadi, papar Maneger, harus ada jaminan tempat relokasi bagi para pedagang yang selama ini ada di lokasi terbakar.

Maneger juga meminta pemerintah mendesak agar program revitalisasi Pasar Senen dilaksanakan transparan dengan mengarusutamakan pedagang dengan kategori UMKM.

Hal lain yang juga penting, masih menurut Maneger, pemerintah harus melakukan investigasi secara profesional mengenai sebab kebakaran dan mengumumkan hasilnya ke publik secara terbuka. “Dan ke depan pemerintah harus menjamin tidak terulang lagi peristiwa yang sama di masa (guarantees of nonrecurrence),” pungkas Maneger. (emka)

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: