Berita

Aisyiyah Paciran Lamongan Gelar Santunan untuk Dhuafa

Kanigoro.com – Pengurus Ranting Aisyiyah (PRA) Dengok, Paciran, Lamongan, Jatim, Ahad (3/6/ 2018) mengadakan Bhakti Sosial dengan memberikan santunan berupa sembako dan uang kepada para dhuafa’ dan anak yatim di Dengok.

“Kali ini PRA Dengok membagikan sekitar 207 bingkisan berupa sembako: Beras, kecap, gula, biskuit, minyak serta uang kepada para dhuafa dan anak yatim sekitar Dengok untuk lebaran nanti”, demikian kata Dra. Hj Luluk Aidah selaku ketua PRA sekaligus ketua Panitia Bhakti Sosial.

Kegiatan ini, kata Luluk, sudah berlangsung sekitar 20 tahunan dan murni swadaya dari ibu ibu PRA Dengok dan menjadi program andalan setiap tahun. Dana yang terkumpul sebesar 38,5 juta.

Alhamdulillah, di samping membagi sembako, kami juga memberi 4 amplop kepada setiap orang. 1 amplop dari kami isinya Rp 35.000,- dan 3 amplop amanah dari dermawan isinya berapa, kami tidak tahu”, tutur Luluk, yang juga guru di SMAN Dengok, Paciran.

“Santunan ini merupakan aplikasi dari suroh Al-Maun yang pernah diajarkan oleh KH Ahmad Dahlan”, lanjut Luluk yang alumni dari MIM Dengok ini.

“Kegiatan santunan ini selalu diadakan di Perguruan Muhammadiyah Dengak”, tambah ibu Munjariyah, panitia santunan yang lain.

Lebih lanjut Munjariyah menyatakan “Di Perguruan Muhammadiyah ini ada beberapa pendidikan informal dan formal antara lain: PAUD, TK ABA, MIM dan MTsM.”

Perguruan Muhammadiyah Dengok ini sudah berdiri sejak tahun 1960an, kata Munjariyah. Sekolah formal pertama adalah MIM (Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah) yang diprakarsai oleh ustadz Mufti Salih, Allahu yarhamhu, alumni PP Tebuireng, Jombang. Saat itu, di Dengok belum ada sekolahan baik negeri naupun swasta. Jadi MIM ini merupakan sekolahan pelopor di Dengok. Alumninya juga banyak yang jadi tokoh regional, misalnya, bapak Sudono Syueb, angkatan pertama pernah jadi anggota DPRD Jatim 2 periode dari FPAN.

(Laporan Sudono Syueb)

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: