Artikel

Tagar (#)

Oleh: M. Saleh Mude (Mantan aktivis PII Sulsel).

Tagar adalah lakuran atau bauran (fusion) dari dua kata “tag dan pagar,” diberi simbol (#), diletakkan di awal kata “utama atau penting” yang kini akrab bagi pengguna media sosial. Tagar dapat menuntun orang untuk mendapatkan seperangkat pesan yang tergolong atau dinilai penting.

Tagar telah dinilai semarak bahkan lebih provokatif dan menimbulkan pro-kontra ketika dibawa masuk ke dunia politik pemilihan presiden (pilpres), sebelum dan sesudah penentuan dua pasang calon presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni: Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi.

Pendukung Prabowo lebih dahulu mempopulerkan #GantiPresiden, Ganti Sistem, dan lain-lain. Kelompok pendukung Jokowi, presiden petahana, menilai tagar seperti itu provokatif, berbentuk kampanye terselubung, curi start, mendahului jadwal kampanye dari KPU, dan sebagainya. Puncaknya, dinilai tidak etis, tidak mendidik, menyebar kebencian, mengusik presiden yang sedang menjabat, dan mengganggu ketertiban masyarakat. Karena itu, harus dihalangi dan dibubarkan oleh aparat dan relawan Jokowi. Kubu anti #2019GantiPresiden mendapat angin segar berupa dukungan dari dua pakar hukum tata negara, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie dan Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra. Keduanya menilai #2019GantiPresiden itu tidak mendidik.

Teks “#2019GantiPresiden” itu multi tafsir, kendati sebagai bentuk penyaluran aspirasi dan kebebasan berpendapat yang dijamin oleh Undang-Undang. Tapi tagar itu terlalu tidak etis, tidak mendidik, dan mengganggu ketertiban masyarakat, bahkan dinilai dapat ditunggungi oleh kelompok tertentu yang dapat mendorong terjadinya kerusuhan sosial, bisa menimbulkan masalah baru yang berbiayai mahal.

 

Jalan Tengah

Jalan tengah, terbaik untuk kedua kubu pendukung dan tim sukses capres: Jokowi dan Prabowo adalah menciptakan tagar yang mendidik masyarakat pemilih dan tidak mengusik salah satu kubu, seperti: #TetapJokowi; #2019PrabowoPresiden; #Jokowi2Periode;  #2019DukungPrabowo, dan lain-lain.

Selamat bertagar-ria yang indah dan elegan.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up