Artikel

Silaturahim AHY ke Prabowo, Menegaskan Prabowo-Sandi akan Memenangkan Pilpres 2019

Oleh: Muhammad Tri Andika

Direktur Institute for Policy Studies

 

Di luar pertimbangan kepentingan, banyak aspek yang dihitung partai politik, untuk menentukan dukungan politiknya. Ada yang berdasarkan latar belakang ideologi partai, sejarah, relasi konflik, dan bahkan mahar.

Namun, di tengah derasnya arus informasi, pada akhirnya partai politik mau tidak mau harus mengambil keputusannya berdasarkan data.

Partai Demokrat, menurut hemat saya, adalah partai yang kerap mengambil keputusan partainya, dengan menempatkan pertimbangan data di atas pertimbangan lainnya. Data, data, dan data. Baru faktor-faktor lainnya.

Gaya seperti ini, tentu sangat dipengaruhi oleh profil SBY yang sangat teknokratis. Hati-hati. Dan terukur dalam mengambil setiap keputusan. Termasuk keputusan politik.

Ingat Pilpres 2014? Kita tahu, meski besan SBY, Hatta Rajasa, maju menjadi cawapres, tapi PD tidak otomatis menjadi partai pendukung Prabowo-Hatta.

Kenapa? Karena meski di awal Prabowo punya peluang, namun akhirnya PD melihat Jokowi lah yang kedepannya akan memenangkan Pilpres 2014. Sikap ini sulit diambil, andai PD tidak didukung oleh data yang memadai. Data, data, dan data.

Itulah sebabnya, tidak perlu heran ketika banyak orang kerap memandang PD ini partai yang “tidak jelas” posisi politiknya. Sulit ditebak. Abu-abu. Sebab baik data survey dan data lapangan, kenyataannya memang kerap berubah. Sangat dinamis.

Sebagai partai yang masih punya banyak resources (10 tahun memerintah), ditambah profil SBY yang “intelek”, hati-hati, dan terukur, sikap politik Demokrat bisa menjadi kunci dalam membaca hasil Pilpres 2019.

Disinilah menjadi menarik. Di tengah kebingungan banyak orang menduga siapa pemenang Pilpres 2019, sikap Demokrat yang tentu mencerminkan sikap SBY, menurut saya bisa menjadi patokan untuk menebak hasil Pilpres 2019.

Satu bulan menjelang pemilihan, AHY menegaskan kembali dukungannya kepada Prabowo. Ini sinyal penting.

Meski di awal Maret lalu Demokrat sempat sedikit melintir, namun pasca pertemuan kemarin, posisi Demokrat dan SBY sudah jelas. Prabowo-Sandi.

Kuat menandakan bahwa Prabowo-Sandi lah yang berpeluang besar memenangkan Pilpres 2019, berdasarkan kalkulasi PD yang kerap berdasarkan data, data, dan data.

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait