Artikel

SBY Harus Turun Gunung

Oleh Igor Dirgantara

Elektabilitas Prabowo-Sandi bisa naik jika SBY turun gunung tahun depan dan aktif mengkampanyekan Prabowo-Sandi, sekaligus tetap konsentrasi pada Pemilu Legislatif untuk menaikkan suara Demokrat.
Perlu kerja keras dari tim koalisi Prabowo-Sandi 2019 di daerah: Papua, NTT, Bali, Jawa Timur, dan paling berat di Jawa Tengah. Pada pemilu 2014, Jawa tengah dan Jawa Timur adalah titik lemah suara Prabowo.

Fokus SBY untuk meningkatkan tingkat keterpilihan Prabowo-Sandi bisa dilakukan di Jawa Timur, terutama di wilayah ‘mataraman’, seperti Blitar, Pacitan, Madiun dan Malang. SBY masih dianggap figur penting dan berpengaruh di kantong suara Jokowi-Ma’ruf Amin ini. Untuk Jawa Tengah basis suara Jokowi-Mahruf Amin bisa diimbangi pasangan Prabowo-Sandi dengan pendirian markas baru BPN di Solo. Dua lokasi alternatif adalah di kediaman Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso (kawasan Kampung Baru) atau dekat kediaman Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari.

Bagaimana pun, tidak ada titik mundur, di 2019 SBY harus ‘all out’ dukung Prabowo-Sandi. Kemenangan akan menjadi ruang yang kondusif bagi AHY di 2024. SBY punya kompetensi dan kapabilitas yang mumpuni. Dua kali menang dalam pertempuran pilpres (2004 & 2009) adalah fakta politiknya. Bahkan di Pemilu 2009, SBY dengan Partai Demokrat pernah menjadi pemenang dengan 148 kursi atau hampir mendapat 30 persen suara di DPR. Sebagai sekutu koalisi merah-putih, potensi SBY tidak perlu diragukan lagi. Pasca-perusakan atribut Demokrat di Pekanbaru beberapa waktu lalu, SBY bisa melakukan konsolidasi dengan Gerindra dan mitra koalisi lainnya untuk strategi pemenangan pilpres 2019. Kemenangan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi adalah kemenangan SBY dan Demokrat, dan partai pengusung lainnya. SBY juga bisa tetap mengeluarkan instruksi resmi kepada semua kadernya di daerah untuk memenangkan pasangan Prabowo-Sandi. Old soldiers never dies…

*SPIN (Survey & Polling Indonesia)

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up