Artikel

Pernyataan Luhut Kampanye Negatif untuk Jokowi

Oleh M Izzul Muslimin

Tanggapan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (LBP) atas kritik yang disampaikan oleh Prof. M. Amien Rais (MAR) kepada pemerintahan Presiden Jokowi sangatlah tidak tepat dan justru menjadi kampanye negatif bagi Jokowi.

Pertama, LBP bukan pihak yang tepat menanggapi isu agraria yang disinggung oleh MAR. Harusnya kritik itu dijawab oleh Menteri Sofyan Djalil. Selama ini ada kesan LBP selalu masuk kepada wilayah kerja yang mestinya bukan di bawah koordinasinya. Beberapa kali persoalan Politik, Hukum dan Hankam justru ditanggapi, padahal itu mestinya kewenangan Menko Polhukam Jend. (Purn) Wiranto.

Kedua, tanggapan LBP atas pernyataan MAR sama sekali tidak relevan. Kritik harusnya bukan dijawab dengan ancaman apalagi mengadili seseorang yang secara hukum belum pernah dibuktikan. Pernyataan LBP menimbulkan kesan seolah kritik terhadap negara adalah barang haram dan hanya orang yang suci yang boleh mengkritik. Ini jelas bertentangan dengan semangat demokrasi.

Ketiga, LBP secara publik tidak mencerminkan budaya birokrasi yang santun dan simpatik yang bisa menjelaskan setiap ada pertanyaan bahkan kecurigaan publik atas kinerja pemerintah. Alih alih akan mendapatkan simpati, sikap LBP justru menjadi kampanye negatif bagi pemerintahan Jokowi JK yang sebentar lagi akan memasuki masa akhir. LBP mestinya bisa lebih menahan diri dan justru lebih menunjukkan kinerjanya untuk menjawab pertanyaan dan kritikan terhadap pemerintah.

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait

Check Also

Close
Scroll Up