Artikel

Mencari Potret Pemimpin Visioner

Oleh: Dr. Bambang Sutrisno, SH, MH. (Dosen Pascasarjana Uniska, Kediri, Jatim)

Pidato kebangsaan Prabowo Subianto yang disiarkan langsung melalui salah satu stasiun TV swasta mengandung pesan moral kebangsaan sangat luar biasa. Gaya dan materi pidato yang disampaikannya mencerminkan sosok seorang pemimpin visioner, cerdas, tegas, dan lugas sekaligus ikhlas.

Seorang pemimpin visioner adalah mereka yang mampu membangun konsep kebijakan futuristi serta berwawasan jauh ke depan. Ia tidak hanya berbicara persoalan hari ini, tetapi menjadikan apa yang dirancang dan diperbuat hari ini sebagai bagian integral dari upaya untuk menjawab tantangan masa depan.

Substansi materi pidato kebangsaan Prabowo Subianto mereaktualisasikan semangat dan cita-cita para pendiri bangsa saat merebut dan memproklamirkan kenerdekaan negeri ini. Prabowo berusaha membangkitkan kesadaran dan tanggung jawab kebangsaan segenap anak bangsa untuk ikut menjaga kelangsungan masa depan Indonesia sebagai sebuah negara merdeka, berdaulat dan bermartabat di mata dunia internasional.

Sebagai sebuah negara yang memiliki sumber kekayaan melimpah rasanya sangat tidak rasional manakala negara gagal menyejahterakan dan memakmurkan rakyatnya. Kesenjangan sosial dan kian meningkatnya angka pengangguran seharusnya tidak boleh terjadi. Tetapi faktanya kondisi itulah yang terjadi dan kita rasakan saat ini.

Menganganya jurang kesenjangan sosial dan kian menumpuknya angka pengangguran, menurut Prabowo sebagai akibat dari lemahnya leadership dan bangunan managerial sistem pengelolaan negara yang kurang tepat. Oleh karena itu ia menawarkan konsep perubahan arah pembangunan yang diyakininya mampu mengangkat kesejahteraan rakyat sekaligus mampu mengangkat harkat dan martabat Indonesia sebagai negara mandiri, tidak menggantungkan bantuan dan belas kasihan negara-negara lain

Kini sudah saatnya bangsa Indonesia bangkit bersatu dalam satu barisan untuk mewujudkan Indonesia menjadi lebih demokratis, berkeadilan dan berkemakmuran sesuai impian para pendiri republik ini.

Kini sudah saatnya rakyat berpikir cerdas untuk menentukan pilihan politiknya secara tepat agar segera terbebas dari jeratan hegemoni keculasan para elite yang telah menjadikannya kuli di negeri sendiri. Sekarang sudah tiba saatnya kita berjuang secara sungguh-sungguh untuk menjadi tuan di bumi pertiwi ini.

Untuk mewujudkan impian ideal itu, Indonesia memerlukan tampilnya sosok pemimpin visioner yang cerdas, berkarakter, berintegritas dan berkepedulian tinggi terhadap nasib rakyatnya. Indonesia memerlukan tampilnya figur pemimpin nasional yang berpengetahuan sekaligus berpengalaman menjaga kedaulatan negara serta piawai mengatasi problem ekonomi yang sedang mendera bangsa ini. Rasanya tidak terlalu berlebihan untuk mengatakan bahwa kreteria itu ada pada sosok Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Selamat berjuang.

(Sudono Syueb/ed)

Komentar Facebook

Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up