ArtikelFeatured

Indonesia (Timur) Menang

Oleh : Tb Ardi Januar

Musim Prabowo-Sandi ternyata tidak hanya terjadi di belahan Sumatera dan viral di Pulau Jawa. Tetapi juga merambah ke timur Indonesia. Manado, Makassar, Papua dan NTB menjadi saksi mata.

Banyak lembaga survei mengira, banyak pengamat politik menerka, di kawasan timur Prabowo-Sandi akan sulit mendapat suara. Namun itu semua terbantah dengan sederet fakta.

Di Makassar, Lapangan Karebosi menjadi lautan manusia. Kedatangan Prabowo disambut dengan meriah dan pecah. Pekik “Prabowo Presiden” terus menggema. Makassar tak hanya bikin hati bergetar, tetapi juga bikin semangat berkobar.

Ada pemandangan yang tak biasa di Makassar. Bendera Golkar ikut berkibar. Di sana basis Jusuf Kalla sangat kuat dan mengakar. Erwin Aksa memberi sinyal, di pihak mana sikap politik keluarga Kalla saat ini bersandar.

Wajar apabila Kalla berubah haluan. Menyumbang banyak kemenangan tapi jarang diberi peran. Sementara di sisi lain ada menteri yang bisa menangani segala urusan. Jabatan wakil yang diemban Kalla rasanya hanya sebatas pajangan.

Indonesia (Timur) Menang

Papua tak mau kalah. Kedatangan Prabowo dibuat pecah. Ribuan orang nampak tumpah ruah. Merauke ingin terlibat mencatat sejarah. Papua tak mau lagi pilih pemimpin yang salah dan payah.

Ada yang bilang Prabowo tak berani menginjak tanah Papua. Ada yang bilang Prabowo tak akan dapat suara di Papua. Hmm, ternyata itu hoax belaka. Riuhnya sambutan Prabowo di Papua seperti membawa pesan, Jokowi cukup sampai di sini saja.

Sandiaga Salahudin Uno ke Sorong, Papua Barat

 

Tumpah ruah rakyat bersambung ke Nusa Tenggara Barat. Lapangan bola yang luas tak cukup menampung kehadiran masyarakat. Akses jalan raya padat, mobil Prabowo sulit untuk lewat. Ada seorang ibu naik panggung memeluk Prabowo dengan sangat erat. Di usia senja Si Ibu memberi setrum semangat.

Tak hanya Prabowo, hal yang sama juga dirasakan Sandi. Papua Barat bergetar hari ini. Pemimpin muda harapan Bangsa hadir di Bumi Manokwari. Orang tua hingga anak muda berkumpul dan bersiap menyambut transisi. Papua bergerak dengan hati. Bukan dengan iming-iming konsumsi.

Prabowo dan Sandi kini seperti artis top yang sedang tur konser di 100 kota. Banyak yang tak sabar menunggu kehadiran mereka. Kedatangannya selalu disambut ribuan fans dengan suka cita. Ini roadshow kampanye terdahsyat yang pernah ada. People power itu ternyata benar-benar nyata.

Hmmm, kalau mereka mau Prabowo-Sandi, kalian mau apa?

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

Scroll Up