Artikel

Aksi Nyata Sandiaga Uno Membela Rupiah

Oleh Moh Nizar Zahro
Ketua Umum Satuan Relawan Indonesia Raya

Melemahnya nilai tukar rupiah patut menjadi keprihatinan seluruh elemen bangsa. Suatu momentum yang tepat untuk bahu-membahu memperkuat nilai rupiah. Tidak ada lagi dikotomi penguasa atau oposisi. Tanggalkan dulu kepentingan pilpres. Rupiah perlu diselamatkan secara bersama-sama. Kalau rupiah terjun bebas, tidak hanya pendukung Jokowi yang akan merasakan akibatnya. Pendukung Prabowo juga merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, munculnya “musuh bersama” harus dijadikan pendorong mewujudkan persatuan seluruh elemen bangsa.

Tugas pemerintah adalah membuat kebijakan, dan tugas rakyat adalah mematuhi kebijakan tersebut. Maka tatkala Menteri Keuangan Sri Mulyani mengimbau para pengusaha untuk melepas simpanan dollarnya, maka Sandiaga Uno yang notabene adalah pengusaha, mematuhi imbauan tersebut. Tidak tanggung-tanggung Sandiaga Uno menukar tabungan dollar 40%. Suatu angka yang sangat fantastis. Sandi tidak berharap keuntungan, karena kalau niatnya untuk mengeruk keuntungan, maka akan lebih tepat jika Sandi menahan dollarnya, karena ada kemungkinan dollar akan terus menguat.

Niat Sandi hanya satu, yakni ingin ikut serta bela negara. Menegakkan nilai rupiah di hadapan dollar. Murni hanya untuk bela negara. Makanya setelah menukarkan dollarnya, Sandi kemudian menggunakan uang tersebut untuk menolong saham BUMN yang ikut jeblok akibat melemahnya rupiah.

Hasilnya bisa disaksikan bersama. Perpaduan antara pemerintah dan pengusaha, yang diwakili Sandi, telah berhasil menjinakkan rupiah dan kemungkinan mampu menguatkan kembali indeks harga saham.

Hasil yang bagus ini patut dijaga dan dirawat bersama. Sejenak tinggalkan dulu kepentingan Pilpres. Mari berangkulan bersama. Tanggalkan dulu dikotomi penguasa dan oposisi. Pak Prabowo sudah berpesan agar para kader Gerindra untuk ikut urun rembug dalam mencari solusi memperkuat nilai rupiah.

Jelaslah bahwa yg dilakukan Sandiaga Uno, menukarkan nilai dollarnya, adalah sebagai bentuk ketaatan warga negara terhadap instruksi menteri. Tidak ada motivasi ambil untung. Karena jika mau ambil untung, maka langkah yg tepat adalah memborong dollar sebanyak-banyaknya. Dan Sandi lebih memilih menukarkan dollarnya daripada menahannya.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni membully Sandiaga Uno dengan menuduhnya mengambil untung dari aksi menukar dollarnya. Sekali lagi perlu ditegaskan Sandi tidak ada niat mengambil untung. Sandi hanya melaksanakan arahan pemerintah. Jika tindakan ini salah, maka sebaiknya Sekjen PSI menawarkan ide yang brilian bagaimana peran warga negara dlm membantu pemerintah. Jika Raja Juli mempunyai gagasan yang lebih brilian dari Menteri Keuangan, maka Sandiaga Uno siap melaksanakan arahan tersebut.

Komentar Facebook

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

One Comment

Scroll Up