Berita

Relawan Bencana Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga Mendapat Pengarahan SAR-DIY

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Sebanyak 20 orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis relawan bencana dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapatkan pengarahan dari Search and Rescue (SAR) DIY di Posko Desa Wonokerto Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, pada Sabtu, 28 November 2020. Pengarahan diberikan oleh Agus Riyanto, Koordinator SAR Posko Wonokerto.

Selain memaparkan teknis penanganan kebencanaan, Agus menginformasikan beberapa kebutuhan yang belum terpenuhi di Posko Tanggap Bencana Desa Wonokerto.

“WC umum yang tersedia hanya beberapa, di sini kami masih sangat kekurangan WC umum,” ucapnya.

Baca juga: Siaga Merapi, LPPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Adakan KKN Berbasis Relawan Bencana

Selain kebutuhan perlengkapan di posko pengungsian, petugas yang merekap data menurut Agus juga sangat dibutuhkan.

“Dengan adanya rekan-rekan mahasiswa UIN, kami merasa terbantu untuk mengisi kekosongan di bidang manajemen posko,” lanjut Agus.

Agus menghimbau kepada para mahasiswa agar tetap waspada dan selalu siap.

“Saya sarankan teman-teman selalu siap sedia dan tetap waspada, kita tidak tahu kapan Merapi meletus. Intinya teman-teman harus selalu siap apapun yang terjadi nanti,” katanya mengakhiri pengarahan.

Baca juga: Kolaborasi KKN UIN Yogyakarta-Banjarmasin dengan Yayasan Anti Kanker Indonesia Adakan Pelatihan Menanam Bibit Kunyit Putih untuk Anak-Anak Dusun Kapingrejo

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jateng dan DIY sejak awal November memang menunjukkan peningkatan aktivitas. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarya lantas meningkatkan status Gunung Merapi dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) pada 5 November 2020.

Beberapa titik pengungsian mulai berdiri dan dibuat. Seperti di Desa Wonokerto, posko tanggap darurat gunung Merapi sudah didirikan pada 4 November 2020. Meski belum mulai menampung pengungsi, posko ini dipersiapkan untuk mengantisipasi peningkatan aktivitas Gunung Merapi.

UIN Sunan Kalijaga melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) lantas menerjunkan 20 relawan siaga bencana melalui program KKN ke Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, sejak Jumat (27/11).

Didik Irwanto selaku Jogoboyo (Kasi Pemerintahan) Pemerintah Desa Wonokerto menyambut gembira kehadiran para mahasiswa.

“Kami ucapkan terima kasih kepada UIN Sunan Kalijaga yang telah menerjunkan relawan ke Desa Wonokerto,” tuturnya. (GR-AMz)

Back to top button