Banner IDwebhost
Berita

Jaga Ukhuwah Islamiyah, Empat Organisasi Pelajar Islam Gelar Deklarasi

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Pelajar Islam Indonesia (PII), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Surakarta menggelar Deklarasi Pelajar Islam Surakarta (PIS) dengan tema “Mengobarkan Semangat Nasionalis Pelajar Islam Surakarta”, pada Rabu (28/10) di Hotel Sahid Jaya, Jalan Gajah Mada No. 82 Kota Surakarta.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Ruzain Zarir, kegiatan tersebut dilatarbelakangi maraknya pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, paham komunis dan radikalisme di kalangan pelajar, khususnya di Kota Surakarta.

“Oleh karenanya, PIS mengadakan deklarasi ini dengan maksud menjaga ukhuwah Islamiyyah. Kita tunjukkan bahwa pelajar Islam itu juga bisa bersatu dan tetap menjunjung tinggi nasionalisme untuk bersama memberantas masalah pelajar,” jelasnya.

Baca juga:

Regana KB PII Menyapa Warga Surakarta

Syeikh Muhammad Jaber Safari Dakwah ke Surakarta

Deklarasi ditandatangani dan dibacakan bersama keempat ketua organisasi Pelajar Islam Surakarta yaitu: Zaim Muhammad Tsaqif (PII), Siti Al-Huda (IPPNU), Ilham Widya Pasya (IPM) dan M. Faiz Asykarullah (IPNU). Deklarasi berisi lima butir pernyataan yaitu:

  1. Mempererat dan memperkuat ukhuwah Islamiyyah dikalangan pelajar Islam memperkuat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kebangsaan menuju masa depan Indonesia Maju.
  2. Menguatkan falsafah Pancasila yang dijiwai dengan Ketuhanan Yang Maha Esa serta melindungi dari ideologi yang bertentangan dengan ideologi NKRI.
  3. Merawat dan memperkuat kembali prinsip-prinsip beragama dalam berbangsa, bernegara serta bermasyarakat.
  4. Mencegah segala bentuk penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba dan segala bentuk pergaulan bebas, serta bullying dikalangan pelajar.
  5. Mencegah penyebaran hoax dan penggunaan isu SARA untuk kepentingan Pilkada dan berbagai bentuk pemilihan pemimpin lainnya demi kenyamanan, ketentraman dan kedamaian di masyarakat.

Baca juga:

Regana KBPII Bikin Tim Gatel COVID-19

LAZIS Catur Bhakti dan Tim Gatel (Cegah, Telusur dan Eliminasi) COVID-19 REGANA KB PII Bergerak di Jateng

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Pemerintah Kota Surakarta, PD Muhammadiyah, PC NU, Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII) yang merupakan wadah alumni PII, serta lebih dari 200 orang pelajar Islam Surakarta.

Ketua KBPII Surakarta Ipmawan Muhammad Iqbal saat memberikan sambutan mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Dalam momentum yang juga bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, selayaknya PIS meneladani kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Daud, pemuda yang berani dan cerdas dalam memeperjuangkan keyakinannya,” pesannya. (C-AMz)

Artikel Terkait