BeritaFeatured

Jumlah Tenaga Kesehatan Terjangkit Covid-19 Semakin Meningkat: 42 Organisasi Profesi Keluarkan Surat Pernyataan

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Sejumlah 42 Organisasi Profesi se-Indonesia mengeluarkan surat pernyataan pasca jumlah tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan wabah Covid-19 meningkat, Jum’at. (27/3).

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M. Faqih yang menandatangani surat pernyataan ini mengatakan, “Kami organisasi profesi yang terlibat dalam penatalaksanaan pasien dalam kondisi wabah COVID-19 menyampaikan dalam kondisi wabah saat ini kemungkinan setiap pasien yang kami periksa adalah orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP) atau pasien COVID-19.”

Diketahui, sampai saat ini jumlah tenaga kesehatan yang terjangkit COVID-19 semakin meningkat bahkan sebagian meninggal dunia.

Menurutnya, setiap tenaga kesehatan berisiko untuk tertular COVID-19. Oleh karena itu 42 organisasi profesi ini meminta terjaminnya Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai untuk setiap tenaga kesehatan.

“Kami meminta terjaminnya Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai untuk setiap tenaga kesehatan.” tambah Daeng.

Daeng juga menyatakan bahwa apabila permintaan tersebut tidak termenuhi, pihaknya meminta kepada anggota profesi untuk sementara tidak melakukan perawatan penanganan pasien COVID-19.

“Bila hal ini tidak terpenuhi maka kami meminta kepada anggota profesi kami untuk sementara tidak ikut melakukan perawatan penanganan pasien COVID-19 demi melindungi dan menjaga keselamatan Sejawat.” ungkap Daeng.

Adapun permintaan ini merupakan bentuk konsekuensi tertularnya penyakit apabila APD tidak sesuai, risiko COVID-19 dapat menular kepada pasien.

“Karena Sejawat yang tertular COVID-19, selain akan jatuh sakit, akan berdampak pada terhentinya pelayanan penanganan kepada pasien serta dapat menularkan kepada pasien.” pungkas Daeng. (Fn)

Artikel Terkait

Back to top button