Banner IDwebhost
Berita

Kemnaker Grebeg Penampungan TKI di Bekasi, 41 Calon TKI diamankan

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) lagi-lagi menggrebeg upaya pemberangkatan calon pekerja migran Indonesia atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara illegal ke Timur Tengah.

Penggerebegan dilakukan di penampungan calon TKI milik PT Hasindo Karya Niaga di Jalan Raya Hankam Gang Swadaya II, RT 004 RW 008, Kecamatan Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat.

Di tempat ini, petugas menemukan 41 calon TKI berbagai daerah dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat. Dari jumlah tersebut, 23 orang mengaku akan diberangkatkan oleh PT Hasindo ke beberapa negara di Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Sisanya mengaku dijanjikan akan diberangkatkan ke Singapura dan Malaysia.
“Patut diduga kuat pihak perusahaan penyalur akan mengirimkan seluruh calon pekerja migran ke Timur Tengah,” kata Yuli Adiratna, Kepala Sub Direktorat Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, Kementrian Ketenagakerjaan usai berbincang dengan para calon TKI, Senin 22 Januari 2018.

Menurut Yuli, penempatan pekerja migran ke Timur Tengah jelas tindakan illegal. Karena, pengiriman pekerja migran ke Timur Tengah sudah dilarang. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 260 tahun 2015 tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan TKI pada Pengguna Perseorangan di Kawasan Timur Tengah. Sebagian besar mereka telah menginap di penampungan PT Hasindo selama dua pekan.
“Namun kami belum mendapatkan kejelasan kapan akan diberangkatkan. Kami tidak diizinkan pulang dan seluruh dokumen kami dibawa pihak perusahaan,” kata beberapa calon TKI yang keberatan disebutkan namanya. (azr/t)

Tags

Artikel Terkait

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker