Dunia Islam

Kakanwil Kemenag DIY Dukung Penyelenggaraan Konwil XXVII PII Yogyakarta Besar

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. mendukung penyelenggaraan Konferensi Wilayah (Konwil) XXVII Pelajar Islam Indonesia (PII) Yogyakarta Besar. Hal itu disampaikan Ketua Umum PW PII Yogyakarta Besar Azam Al-Ghozali usai diterima beraudiensi di kantornya, Kamis, 21 Januari 2021.

“Kepala Kanwil Kemenag DIY memberikan ucapan selamat dan dukungan bagi terselenggaranya Konwil XXVII PII Yogyakarta Besar,” ujar Azam.

Menurut Azam, konwil akan diselenggarakan pada 12-14 Februari 2021. Dalam audiensi Azam selain memperkenalkan beberapa pengurus PII yang mendampinginya juga membahas kerja sama program dan persiapan pelaksanaan konwil.

Baca juga: PW PII Yogyakarta Besar Adakan Ta’lim Wustho Berbasis Riset Sosial

Personal PW PII Yogyakarta Besar yang turut beraudiensi antara lain: Aisyah Chairil (Ketua BO PII Wati), Fajar Ibnu Sina (Ketua BO Brigade), Gusti Rian Saputra (Sekretaris 1), Muhammad Amiruddin (Kepala Departemen Ta’lim), Izmil Nauval Abdul Khabir (Kepala Departemen Pemberdayaan Masyarakat Pelajar) dan Karomah Atika Sendy (Koorda BO Brigade Kota Yogyakarta).

Pada kesempatan tersebut Kakanwil Kemenag DIY didampingi Plt Kabid Penais Zawa Nur Rochman dan Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Hj. Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum.

Audiensi dilakukan menurut Azam sebagai upaya untuk membangun sinergitas antara PW PII Yogbes dengan Kemenang DIY.

“Beberapa hal yang kita sampaikan mengarah pada pengentasan kondisi pendidikan di tengah pandemi. Adanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menyebabkan masih terdapat pelajar yang belum terwadahi dalam proses pendidikan, sehingga perlu diperhatikan. Harapannya PII bisa berkiprah guna mengatasi persoalan tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Azam, upaya mengurangi angka pengangguran, khususnya kalangan terdidi, perlu dibentuk mekanisme kesadaran baru melalui wadah kewirausahaan.

Ketua Umum PW PII Yogyakarta Besar Azam Al-Ghozali memberikan cendera mata kepada Kakanwil Kemenag DIY Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. usai beraudiensi.

Baca juga: Korwil Brigade PII Yogyakarta Besar Adakan Latihan Intensif Brigade

“Sehingga kesadaran untuk mentuk kemandirian finansial di kalangan pelajar dapat diasah semenjak masih di bangku sekolah,” imbuhnya.

Harapan itu menurut Azam bisa diwujudkan misalnya dengan konsep satu pelajar memiliki satu produk yang dapat dikembangkan untuk membangun kewirausahaan.

“Adanya aktivitas berwirausaha dapat menjadikan pelajar tetap produktif di tengah pandemi,” harap Azam.

Gagasan tersebut dalam pandangan Azam merupakan potensi yang harus dikembangakan guna mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

Baca juga: PW PII Yogyakarta Besar Adakan Sarasehan Pemandu dan Mu’allim serta Ta’lim Wustho

Hal lain yang perlu menjadi perhatian serius kalangan pelajar menurut Azam adalah isu ekologi.

“Hari ini kesadaran untuk berpihak pada alam melalui etika lingkungan menjadi isu global. Sayangnya di Indonesia belum menjadi perhatian prioritas,” ujarnya prihatin.

Azam memandang perlu untuk menggelorakan etika lingkungan di kalangan pelajar.

“Paling tidak dengan memulai dari hal yang sederhana dapat memberikan dampak baik bagi keselamatan bumi,” pungkasnya. (AMz)

Artikel Terkait

Back to top button