Banner IDwebhost
Dunia Islam

Eddy Praptono, Kadis PU Gunungkidul: Sukses Studi, Organisasi dan Profesi

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Sebagai kota pelajar, Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia Yogyakarta Besar (PW PII Yogbes) banyak yang berasal dari kader-kader daerah yang sedang kuliah dan tinggal di Yogyakarta.

Salah satu daerah penyangga kader PII yang ikut mensuplai kader untuk jadi aktivis dan pengurus PW PII Yogbes adalah kabupaten Gunungkidul. Disamping tentu saja daerah-daerah lain seperti Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Magelang, bahkan dari kota dan kabupaten lain di seluruh Indonesia.

Di Gunungkidul pada era 80-an, banyak stock kader PII, mereka mulai terlibat kegiatan PII dan jadi pengurus baik di tingkat Komisariat (Kecamatan) maupun Daerah (Kabupaten) yang lazim disebut Pengurus Komisariat PII (PK PII) dan Pengurus Daerah PII (PD PII), ketika masih di bangku SLTP/SLTA.

Salah satu tokoh daerah yang fenomenal dari Gunungkidul yang sekarang jadi Kepala Dinas (Kadis) Pekerjan Umum (PU) Kabupaten Gunungkidul sejak 2013 sampai sekarang yang pernah aktif di PII adalah Ir. Eddy Praptono, MM.

Kang Eddy, panggilan akrabnya ini, pernah menjadi ketua PD PII Kabupaten Gunungkidul pada tahun 1986-1987.
Kemudian pada tahun 1988-1989 jadi Sekretaris Umum PW PII Yogbes sembari kuliah di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada (UGM). Meski sambil aktif berorganisasi, Kang Eddy lulus tepat waktu pada tahun 1990.

Sungguh luar biasa perjalanan studi dan organisasi kang Eddy ini. Ia sangat aktif di organisasi PII baik tingkat daerah maupun wilayah tapi tidak mengganggu studinya sama sekali. Slogan PII benar-benar dipraktikkan, “Sukses Organisasi dan Sukses Studi”. Padahal biasanya teman-teman yang aktif di organisasi itu rata-rata studinya molor, tapi itu tidak berlaku bagi kang Eddy.

Selepas lulus FT UGM, suami dari drg. Trusti Zunarwanti ini mengajar di Universitas Cokroaminoto Yogyakarta dari tahun 1990 sampai 1993. Lalu pada tahun 1993 menjadi CPNS Kabupaten Gunungkidul.

Sebelum menjabat Kadis PU Kabupaten pada 2013, Kang Eddy pernah memegang berbagai jabatan seperti Kasubag Pengendalian Pembangunan Setda, Kasubag Pengairan Bappeda, Kabid Fisik Prasarana Bappeda, Kabag Pemerintahan Setda dan sekarang menjabat sebagai Kadis PU Kabupaten Gunungkidul.

Sebagai Kadis PU kabupaten ujung selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kang Eddy memiliki visi tentang insfrastruktur Gunungkidul yang mantap guna mendukung dan mewujudkan Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri, dan sejahtera.

Visi tersebut tidak berlebihan karena jika melihat perkembangan Yogyakarta sebagai Kota Wisata, Gunungkidul sekarang sudah jadi destinasi wisata yang terus berkembang secara nasional dan lnternasional.

Data dari pos retribusi wisata menunjukkan pada tahun 2010 Gunungkidul dikunjungi 500 ribu wisatawan dan tahun
2016 melonjak 500 persen menjadi 3 juta wisatawan.

Nama-nama daerah wisata seperti Pantai Ngobaran, Ngrenehan, Baron, Kukup, Krakal, Pulang Sawal/Indrayanti, Pok Tunggal, Sunda serta obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gua Kali Suci di Pacarejo, Semanu, Gua Pindul di Karangmojo, Air Terjun Sri Getuk Playen dan sederet tempat lain merupakan kawasan wisata yang sedang tumbuh pesat di Gunungkidul.

Di samping sibuk di pemerintahan, Kang Eddy juga aktif di kegiatan pendidikan dan sosial. Mengamati perkembangan pelajar dan generasi muda, Kang Eddy merasa gelisah karena pelajar sekarang hanya melulu sekolah dan abai terhadap organisasi. Padahal keberhasilan dan kesuksesan, menurutnya, tidak hanya diukur dari nilai-nilai pelajaran tapi juga juga dari pengalaman di luar sekolah (live school).*

(Sudono Syueb/th)*

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker