BeritaFeatured

UGM Beri Materi Pembelajaran Daring ke Sekolah

Kanigoro.com – Kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid di sekolah tidak boleh surut akibat pandemi Covid-19.

Guna mengatasi masalah tersebut, Prodi Ketahanan Nasional, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan penguatan kepada para guru di SMK Negeri 2 Temanggung untuk dapat melaksanakan pembelajaran secara daring (online) kepada para siswanya, agar kegiataan belajar mengajar tidak terputus.

Pembelajaran daring ini menghadirkan narasumber Muchammad Hifni, ST., dari Program Studi Ketahanan Nasional, Sekolah Pascasarjana UGM yang memberikan materi, cara praktis menggunakan aplikasi webinar bagi para guru di SMK Negeri 2 Temanggung. Total sebanyak 50 (lima puluh) peserta yang terdiri dari 40 (empat puluh) guru, 5 (lima) tenaga administratif dan 5 (lima) siswa menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini agar para guru dapat memahami secara mendalam pengoperasian sistem pembelajaran berbasis online menggunakan Zoom dan Google Classroom secara mudah dan aplikatif” ujar Hifni, mahasiswa Prodi Tannas UGM yang juga lulusan Dikma Perwira Prajurit Karir TNI 2011, Kamis (30/7/2020).

Adapun bentuk kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh UGM ini mengusung tema Gerakan peduli lingkungan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 gelombang kedua dalam mendukung eco school yang tangguh dan berdaya tahan.

Selain pembelajaran secara daring, materi utama diisi oleh Dosen Prodi Tannas Sekolah Pascasarjana UGM, Syafiq Effendhy, yang memberikan wawasan seputar pencegahan penyebaran covid-19 untuk memperkuat ketangguhan dan daya tahan warga dalam lingkungan sekolah khususnya di lingkungan SMKN 2 Temanggung.

Acara dibuka oleh Ketua Program Studi Ketahanan Nasional, Sekolah Pascasarjana UGM, Prof. Dr. Armaidy Armawi, M.Si, sekaligus secara simbolis memberikan bentuk hibah berupa hand sanitizer, masker, handsoap, dan tumbler berlogo UGM yang diserahkan kepada Kepala Sekolah SMKN 2, Aster Aswiny.

“Kami sangat menyambut positif atas kegiatan PKM dari Prodi Ketahanan Nasional UGM ini” ungkap Aster, yang merupakan Kepala Sekolah perempuan pertama di SMKN 2 Temanggung.

Salah seorang guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Ummi Widyasari, yang menjadi peserta pembelajaran daring, menyatakan harapannya agar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dari UGM ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. “Kami senang sekali bisa mendapatkan ilmu dan dukungan-dukungan lain dari PKM UGM ini,” kata Ummi.

Sementara, Ketua pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat di Temanggung, Syafiq Effendy menyatakan bahwa kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan Prodi Ketahanan Nasional Sekolah Pascasarjana UGM di Temanggung ini terdiri dari beberapa kegiatan.

“Selain materi seputar ketahanan warga sekolah di tengah pandemi Covid dan pembelajaran daring bagi para guru, minggu depan akan ada materi dari kami seputar pengelolaan sampah dan limbah sekolah,” pungkas Syafiq Effendy. (Azw/DwiH)

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker