BeritaFeatured

Sampai Juli 2020, BPJAMSOSTEK Bogor Kota Bayarkan Klaim Rp420 Miliar

Kanigoro.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau (BPJamsostek) Cabang Bogor Kota telah membayarkan klaim kepada peserta sebanyak 32.616 kasus dengan pembayaran klaim senilai Rp420 Miliar pada periode Januari hingga Juli tahun 2020.

Kepala BPJamsostek Bogor Kota Chairul Arianto menyampaikan, klaim Jaminan Hari Tua (JHT) tertinggi ada di bulan Juli sebanyak 8.292 kasus klaim dengan tota nilail pembayaran sebanyak Rp102 Miliar. “Ini merupakan status klaim JHT tertinggi sampai bulan Juli ini,” ujar Chairul Arianto yang akrab dipanggil dengan Anto, Rabu (29/7/2020).

Adapun rinciannya menurut Anto, untuk klaim program Jaminan Hari Tua (JHT) sebanyak 30.772 kasus dengan pembayaran klaim senilai Rp394 Miliar, klaim program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak 995 kasus dengan pembayaran klaim senilai Rp10.9 Miliar, klaim program Jaminan Kematian (JKm) sebanyak 288 kasus dengan pembayaran senilai Rp10.5 Miliar dan klaim program Jaminan Pensiun (JP) sebanyak 561 kasus dengan pembayaran senilai Rp3.7 Miliar.

Selanjutnya Anto menyampaikan, bagi peserta yang mengurus klaim program BPJamsostek untuk tidak menggunakan jasa calo dalam proses klaim agar tidak merugikan peserta.

“Dalam pengurusan klaim, BPJamsostek tidak akan memungut biaya apapun selama proses klaim. Jika memang terdapat kendala atau kesulitan, peserta bisa menghubungi layanan call center BPJamsostek di 175,” ujar Anto.

Anto menambahkan, bagi karyawan perusahaan yang sudah berhenti bekerja, namun masih punya usaha mandiri jangan lupa untuk dilanjutkan dengan mengikuti perlindungan program khusus Bukan Penerima Upah (BPU) dengan program JKK dan JKm senilai Rp16.800.

“Dengan manfaat program JKK akan mendapatkan perawatan sampai sembuh apabila terjadi resiko kecelakaan kerja dan santunan JKm senilai Rp42 juta. Ini akan sangat bermanfaat karena kita sebagai tulang punggung keluarga bilamana mengalami resiko kecelakaan kerja tidak terlalu berat, karena BPJamsostek hadir untuk pekerja,” imbuhnya.

Anto berharap, di tengah masa pandemi Covid-19, para pekerja tetap mendapatkan perlindungan dengan memanfaatkan program BPJamsostek yang dapat mengurangi timbulnya angka kemiskinan baru di Indonesia.

“BPJamsostek Cabang Bogor Kota berkomitmen penuh untuk selalu memberikan dan mengutamakan layanan prima bagi seluruh peserta dimasa pandemi Covid-19 ini,” pungkas Anto (Azw).

Selanjutnya

Artikel Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker