Banner IDwebhost
Berita

Gagasan Pembentukan Perbumma Adat Nusantara Akhirnya Terlaksana

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Gagasan pembentukan Perkumpulan Badan Usaha Milik Masyarakat (Perbumma) Adat Nusantara, merupakan hasil diskusi dengan tokoh masyarakat adat Sunda di Jawa Barat sekitar lima tahun yang lalu. Sayangnya rencana tersebut belum dianggap menjadi suatu kebutuhan waktu itu, karena masih bergerak dan fokus sebagai KUP (Kelompok Usaha Pertanian) Sentra Usaha Tani dan Agribisnis (SUTA) Nusantara yang lebih banyak melakukan pendampingan kepada petani.

Hal itu disampaikan Ketua Umum KUP Suta Nusantara, Dadung Hari Setyo, kepada awak media di Sekretariatnya, Jalan Raya Bekasi, Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Sabtu malam (19/9).

“Seiring dengan waktu, saat awal-awal mulainya pandemi wabah virus covid-19 (Corona), menyebabkan aktivitas, mobilitas, dan kegiatan usaha berkurang, tertahan, menurun dan terbatas. Itu hasil diskusi kami dengan pengurus Suta Nusantara, dengan berpengaruhnya sistem tata niaga, perdagangan dan permodalan atau investasi. Kebetulan di KUP Suta Nusantara ini, kita banyak kerjasama dengan masyarakat adat, sehingga Badan Usaha Milik Masyarakat Adat itu muncul untuk dibahas,” jelasnya.

Baca juga: Menaker Giatkan Pembekalan Kewirausahaan Inkubasi Bisnis

Dadung bersyukur karena ada sekitar 15 provinsi yang mendukung dalam webinar yang diadakan KUP Suta Nusantara. Sembilan kali webinar membahas Badan Usaha Milik Masyakarat Adat tersebut. Akhirnya tercetuslah badan usaha ini dalam bentuk asosiasi.

“Karena nama asosiasi tidak ada lagi dalam ketentuan hukum di negara kita, maka kami menamai Perkumpulan Badan Usaha Milik Masyarakat (Perbumma) Adat Nusantara,” terang Dadung.

Dijelaskan Dadung, Hari berdasarkan pembicaraan dalam webinar, dilanjutkan dengan melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan para sesepuh adat.

“Alhamdulillah didukung. Sudah waktunya masyarakat adat memiliki badan usaha. Selama ini masyarakat adat hanya menjalankan kegiatan-kegiatan adat saja, orientasi ekonominya kurang nampak, lebih ke sosial budaya. Kita tampil di sini orientasinya lebih ke ekonomi. Lalu kami membentuk tim dari Suta Nusantara, yang diketuai Fauzi Ali, beranggotakan Sudiyanto dan Hendri Adi. Tim ini ditugasi untuk menginisiasi pembentukkan Perbumma Adat Nusantara ini,” jelas Masda, sapaan akrab Dadung Hari Setyo.

Baca juga: Kemenkop UKM Berharap Koperasi Wadahi dan Rangkul Usaha Mikro Anggotanya

Terkait legalitas Perbumma Adat Nusantara ini, Masda menyampaikan bahwa dalam dua pekan ke depan, diharapkan sudah terbit persetjuan terhadap akte pendirian Perbumma.

“Kalau profil Perbumma Adat Nusantara sedang kita susun,” imbuh Masda yang kemudian bertindak sebagai inisiator, pendiri dan sekaligus Ketua Umum Perbumma Adat Nusantara. (Megy-AMz)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker