Banner IDwebhost
Jalan Pinggir

Kebun Ketahanan Pangan Yonif 8 Marinir Panen Cabai, Danyonif Memberikan Apresiasi

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan, prajurit di jajaran Brigade Infanteri 8 Marinir/Berdiri Sendiri (Brigif 4 Mar/BS) yang berpusat di Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung diarahkan untuk membuat kebun ketahanan pangan. Tidak terkecuali dengan Batalyon Infanteri 8 Marinir/Harimau Putih (Yonif 8 Marinir) yang berkedudukan di Bumi Tangkahan Lagan, Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Sebagai salah satu hasilnya, pada Jumat (18/9) telah dilakukan panen cabai di kebun ketahanan ketahanan pangan Yonif 8 Marinir di Pangkalan Brandan. Panen cabai dipimpin langsung Danyonif 8 Marinir Letkol Mar Imam Supriyanto, M. Tr. Opsla.

Para prajurit Yonif 8 Marinir sedang memanen cabai. (Foto Istimewa)

Danyonif 8 Marinir menyambut baik kegiatan yang dilakukan prajuritnya, bercocok tanam memanfaatkan lahan kosong yang ada di lingkungan Yonif 8 Marinir. Selain melaksanakan panen, para prajurit juga melaksanakan pemeliharaan dan perawatan tanaman, dengan melaksanakan penyiraman, pemberian pupuk dan pembersihan rumput liar di sekitar tanaman.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Covid-19, Yonif 8 Marinir Laksanakan Rapid Test

“Selain cabai, beragam jenis tanaman hortikultura ditanam di kebun ketahanan pangan Yonif 8 Mar. Semoga program ini bisa menunjang kebutuhan pasar dan juga demi mewujudkan ketahanan pangan nasional,” ujar Danyonif 8 Mar.

Dikatakannya bahwa program penanaman hingga panen di kebun ketahanan pangan Yonif 8 Mar yang dikelola oleh prajurit dalam rangka mendorong ketahanan pangan nasional, serta mengantisipasi kekurangan pangan saat pandemi covid-19 berkepanjangan.

Danyonif 8 juga menyebutkan bahwa, panen cabai ini, merupakan suatu bentuk apresiasi keberhasilan pembudidayaan tanaman hortikultura dengan memanfaatkan sumber daya alam secara efektif, dan efisien.

Baca juga: Langkat Dilanda Hujan Angin, Peleton PBA Yonif 8 Marinir Bergerak Cepat Bersihkan Pohon Tumbang

“Kegiatan panen dilaksanakan karena cabai sudah siap untuk dipetik. Hasil panen selain dikonsumsi untuk prajurit, juga digunakan untuk pembuatan bibit untuk ditanam kembali,” pungkasnya. (RZ-AMz)

Artikel Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker