Banner IDwebhost
BeritaFeatured

Pengamat: Sertifikasi Da’i Sebaiknya diselenggarakan Ormas Islam

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Cendekiawan Muslim Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra tidak setuju jika sertifikasi da’i disweenggarakan oleh pemerintah atau Kementerian Agama. Sertifikasi da’i mestinya dilakukan oleh ormas Islam. Alasannya karena ormas Islam-lah yang memiliki da’i.

“Untuk pelaksanaannya bisa juga bisa melibatkan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN di Indonesia”.

Hal tersebut disampaikan Azyumardi Azra Ketika menjadi pembicara dalam Sosialisasi dan Koordinasi serta Bimtek Penceramah Bersertifikat yang diselenggarakan Kementerian Agama Islam di Jakarta, Kamis (16/9).

Baca juga: Sertifikasi

Ia juga tidak setuju dengan syarat izin bagi da’i karena negara tidak perlu masuk terlalu jauh dalam wilayah dakwah. “Tapi kalau untuk peningkatan kapasitas atau kompetensi penceramah trus nanti dikasih sertifikat, tidak masalah.”

Menurut Azyumardi, sertifikasi dan peningkatan kompetensi penceramah bertujuan untuk menjaga keluhuran dakwah ketinggian Islam.

Azyumardi juga mengimbau para da’i untuk menggunakan kebebasan berdakwah secara bertanggung jawab.

Setidaknya, ada tiga kompetensi yan harus dimiliki da’i, pertama, kompetensi keilmuan dan kecakapan Islam, kedua, kompetensi pendekatan dan metodologi dakwah, dan ketiga, kompetensi akhlaqul karimah (uswatun hasanah).

Mantan rektor UIN Jakarta ini juga meminta pemerintah untuk membuat pangkalan data para penceramah untuk pengembangan kompetensi dakwah bagi jamaah dan peningkatan kesejahteraan

Sosialisasi Da’i Bersertifikat diselenggarakan Kementerian Agama selama dua hari dan diikuti 100 perwakilan ormas Islam. (Fn)

Artikel Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker