Banner IDwebhost
Berita

Kadin Indonesia dan Hipo Internasional Selenggarakan Seminar UMK Naik Kelas

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan mengikuti proses pembahasan Rancangan Undang-Undang Omnibus Law yang disusun pemerintah. Aturan perundang-undangan tersebut diharapkan memberi kemudahan pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), baik dari sisi perizinan hingga pembiayaan. “Omnibus law akan terus kita ikuti, trik-trik di dalam ini kita berharap regulasi-regulasi yang dibuat oleh Omnibus Law akan benar-benar memangkas kesulitan-kesulitan, atau kemudahan-kemudahan agar diberikan kepada UMKM,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2020 Eddy Ganefo dalam konferensi pers tentang Seminar Akbar UKM Naik Kelas di 100 kota Kerja Sama Kadin Indonesia dan Hipo Internasional, di Kantor Kadin Indonesia, Jalan Hos Cokroaminoto, Menteng, Jakarta, Senin, (10/2/2020).

Menurut Eddy, pelaku UMKM selama ini takut untuk mengurus izin usahanya. Karena banyak sekali alur yang harus dilalui. Begitu juga dengan pembiayaan yang selalu menjadi masalah bagi pelaku UMKM.

Pasalnya, mereka banyak yang tak paham membuat laporan keuangan untuk mengajukan pembiayaan ke lembaga pembiayaan. “Nah kita berharap dengan adanya Omnibus Law ini, hal hal yang seperti ini sudah terpangkas semua,” ujar Eddy.

Eddy menambahkan, Kadin akan berusaha membuat UMKM naik kelas. Tujuannya, agar UMKM menjadi pahlawan devisa baru dan betul-betul menjadi penopang ekonomi Indonesia. Apalagi setiap ada guncangan ekonomi secara global, yang bisa bertahan hanya UMKM. “Nah, kita berharap UMKM ini semakin kuat. Karena itu, kita butuh peningkatan mereka melalui program-program yang dilaksanakan Kadin, yang mulai saat ini sampai ke depan, sehingga mereka akan naik kelas,” imbuh Eddy.

Adapun mengenai maksud dari naik kelas ini dari regulasi, Eddy menjelaskan, ialah adanya peningkatan omzet dari pelaku usaha yang omzetnya setara mikro menjadi kecil, dan dari usaha kecil menjadi menengah.”Kedua, dari sisi kualitas mereka bisa menciptakan produk yang benar-benar bisa secara kontinue kualitasnya dan kuantitasnya,” pungkas Eddy, seraya berharap berharap peningkatan UMKM ini bisa membuat para pelaku usaha melakukan marketing atau penjualan secara mendunia (Azw/t)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker