Berita

Baznas Salurkan Dana Registrasi Relay Marathon BPJAMSOSTEK 2019 untuk Perlindungan Pekerja Rentan

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan donasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (bpjamsostek) yang diperoleh dari hasil registrasi peserta Relay Marathon bpjamsostek 2019 senilai sekitarRp258 juta untuk perlindungan jaminan sosial bagi pekerja rentan.

“Ini, akan disalurkan untuk memberikan bantuan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan,” kata Dirut Baznas Arifin Purwakananta usai penyerahan hadiah Relay Marathon bpjamsostek yang diselenggarakan di Kawasan Epicentrum Kuningan, Jakarta, Ahad (15/12/2019). Arifin menyampaikan rasa terima kasih atas komitmen bpjamsostek dalam memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja rentan. Mudah-mudahan kerjasama ini terus berlangsung pada waktu-waktu berikutnya.

Arifin menjelaskan, yang dimaksud pekerja rentan dalam kerjasama Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bpjamsostek dan Baznas ini adalah pekerja bukan penerima upah (BPU) yang dikategorikan sebagai Mustahik (golongan yang berhak menerima dana zakat). “Pekerja rentan saat ini sebagian besar berada di bawah garis kemiskinan. Mereka berusaha secara mandiri tanpa memperoleh penghasilan upah yang jelas. Untuk itu perlu penanganan segera untuk mendukung mereka dari keterpurukan ekonomi. Selain itu, pemberian bantuan kepada pekerja rentan juga akan menyasar kepada golongan penggangguran,” jelas Arifin.

Sementara itu Direktur Utama bpjamsostek, Agus Susanto mengungkapkan, saat ini masih banyak pekerja rentan yang belum mendapat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan karena tidak mampu membayar iuran. “Melalui kegiatan Relay Marathon bpjamsostek ini, kami mengajak para peserta lomba berdonasi untuk memberi perlindungan kepada pekerja rentan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS),” ungkap Agus.

Agus Susanto menambahkan, acara bpjamsostek Relay Marathon bertujuan mengajak masyarakat dan khususnya para pekerja untuk tetap menjaga keseimbangan waktu bekerja dengan terus berolahraga di sela-sela kesibukkan pekerjaannya. Selain itu event ini juga dijadikan media sosialisasi dan edukasi terkait pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial. “Kami mengucapkan terima kasih atas animo yang luar biasa dari seluruh peserta, karena dalam waktu beberapa hari saja hampir semua kategori sudah habis terjual sejak pendaftaran dibuka pada tanggal 16 November lalu,” imbuh Agus.

Agus menjelaskan, para pekerja rentan seperti sopir, asisten rumah tangga, pedagang, pemulung dan pekerja serabutan lainnya, juga membutuhkan perlindungan jaminan sosial  ketenagakerjaan.“Tapi karena mereka belum mampu membayar iuran, maka saya mengajak seluruh masyarakat untuk berempati dengan menyumbang melalui Baznas untuk memberi perlindungan para pekerja rentan dengan didaftarkan sebagai peserta bpjamsostek,” jelas Agus.

Para pekerja rentan ini, lanjutnya,  dapat didaftarkan melalui program pekerja mandiri dengan iuran minimal Rp16.800 dan mendapat perlindungan manfaat jaminan kematian (Jkm) dan jaminan kecelakaan kerja (JKK). “Mudah-mudahan dengan donasi ini, akan semakin banyak pekerja rentan yang mendapat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Kalau bukan kita yang membantu, siapa lagi,” pungkas Agus (Azw/t)

Artikel Terkait

Back to top button