Berita

Walikota Jaksel Kukuhkan 545 Anggota FKDM

Banner IDwebhost

Kanigoro.com, Jakarta – Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengukuhkan 545 anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) periode 2021-2023, Jumat (15/1/2021).

Proses pengukuhan dilakukan secara online dari Kantor Wali Kota dihadiri Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Azis Andriansyah, Kasdim 0504 Letkol Inf, Fathul Zuhdi serta instansi terkait lainnya.

Walikota Jakarta Selatan Marullah Metali mengharapkan anggota FKDM bisa menangkap gejala ancaman, tantangan, hambatan dan hambatan secara dini yang terjadi di masyarakat untuk membantu pelaksanaan tugas pemerintah.


Walikota menyebut tugas anggota FKDM sangat berat. Ia mengibaratkan anggota FKDM harus bisa bekerja terus menerus untuk mendeteksi gejala yang terjadi di masyarakat. “Anggota FKDM itu bekerja 7 x 24 jam seminggu dalam menangkap gejala yang terjadi di masyarakat”, ujarnya.

Untuk itu ia mengharapkan anggota FKDM melakukan koordinasi yang harmonis dengan aparat pemerintah. “Komunikasi antar pemerintah beserta anggota FKDM harus terbangun dengan baik,” tambahnya.

Marullah juga mengingatkan, dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini peran FKDM sangat penting untuk mengatasi segala efek yang ditimbulkan dalam masyarakat.


“Kehadiran FKDM sangat dibutuhkan dalam menyaring informasi yang berkembang agar tetap tercipta keamanan di masyarakat,” ucapnya.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Jakarta Selatan, Dirhamul Nugraha menjelaskan, 545 anggota FKDM yang dilantik hari ini terdiri dari 90 FKDM kecamatan dan 455 FKDM kelurahan

“Semua telah mengikuti rangkaian proses rekrutmen sejak November 2020. Semoga, keberadaan FKDM dapat membantu pemerintah mendeteksi dini permasalahan yang ada di masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes. Pol. Azis Andriansyah mengajak anggota FKDM yang baru dilantik untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. “Ketertiban, keamanan serta kenyamanan warga di lingkungan masing-masing akan tercipta dengan baik, dan bisa dirasakan jika wilayah itu terhindar berbagai ancaman serta gangguan. Hal ini merupakan tanggungjawab bersama semua termasuk FKDM”, ucap Azis Andriansyah kepada media.

Kapolres mengharapkan keberadaan FKDM juga dapat membantu Pemerintah Daerah, Polri, dan TNI untuk menyaring, menampung, mengkoordinasikan data dan informasi, dalam memelihara keamanan dan ketertiban serta mampu mendeteksi gangguan keamanan wilayah sebelum terjadi konflik, di wilayah dimana keberadaan anggota FKDM tinggal (t/bs)

Artikel Terkait

Back to top button