Banner IDwebhost
Dunia Islam

PII Banten Bikin Angkringan Buku

Banner IDwebhost

Serang, Kanigoro.com – Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PW PII) Banten menggelar kegiatan “Angkringan Buku PII” di beberapa titik lokasi keramaian masyarakat di wilayah Banten, antara lain di Alun-alun Kota Serang, Ahad (14/5) pagi.

“Sekarang ini, membaca buku merupakan pemandangan yang jarang kita lihat di mana-mana. Bahkan di lembaga pendidikan seperti sekolah, para pelajar juga lebih asik main HP ketimbang baca buku,” jelas Fuad Saefudin, koordinator kegiatan “Angkringan Buku PII”, PW PII Banten, di sela kesibukannya melayani para pelajar peminat baca buku.

Menurut Fuad, meskipun banyak pihak yang mewacanakan gerakan membaca buku, tapi hanya sedikit saja yang serius mendorong masyarakat untuk rajin membaca buku.

“Banyak yang hanya menjadikannya gerakan simbolik dan slogan semata,” keluh Fuad.

Prihatin dengan kondisi tersebut menurut Fuad, mendorong PW PII Banten ingin melakukan gerakan nyata dengan langsung turun memfasilitasi masyarakat, terutama generasi muda.

“Program ini insya Allah akan kami buat rutin setiap hari Ahad di beberapa titik. Alun-alun Kota Serang, Alun-alun Rangkasbitung, Krakatau Junction Cilegon, dan Alun-alun Tangerang,” ujar Fuad menjelaskan rencana kegiatannya ke depan.

Sejumlah 300an buku berbagai jenis disediakan dalam setiap kegiatan “Angkringan Buku PII”, mulai dari buku bacaan anak-anak, komik, sejarah, pendidikan, dan lain-lain.

“Harapan kami kegiatan ini menjadi pemicu bagi masyarakat luas untuk menggalakkan budaya baca. Bukan cuma di sini, tapi juga dibiasakan di rumah dan lingkungan masing-masing,” tekad Fuad.

Aktivis PII Banten lainnya, Rizkal, menuturkan, asal buku-buku yang digelar dalam kegiatan “Angkringan Buku PII”.

“Buku-buku ini berasal dari sumbangan para anggota dan keluarga besar, atau mantan aktivis PII. Kedepannya, kami menargetkan dan membuka peluang untuk hibah buku dari donatur dan masyarakat luas,” papar Rizkal.

Jika hal itu terlaksana, maka PW PII Banten akan mendistribusikan buku-buku yang masih layak pakai, ke wadah-wadah Taman Baca Masyarakat (TBM) agar bisa dimanfaatkan lebih luas oleh masyarakat.

“Saat ini memang masih dari anggota, tapi rencananya kita akan membuka peluang untuk sumbangsih dari luar,” jelas Rizkal saat menutup pembicaraan.

 

Artikel Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker