Dunia IslamFeatured

Komunitas Pecinta Alam Dirikan Taman Literasi di Desa Pesanggrahan Purwakarta

Banner IDwebhost

Kanigoro.com , Purwakarta – Komunitas Pecinta Alam (PETA) Purwakarta telah melaksanakan kegiatan kemah pada tanggal 30 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021. PETA didirikan pada 27 Desember 2020 di Desa Pesanggrahan Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. PETA yang diketuai oleh Hery Yuanda ini mendapatkan inspirasi untuk membuat taman literasi di Desa Pesanggrahan.

Salah satu anggota PETA mengatakan bahwa kegiatan kemah di Desa Pesanggrahan ini membuat mereka sadar terhadap pendidikan di Desa ini. “Perkemahan selama liama hari waktu itu membuat pikiran kita semua terbuka terhadap kondisi pendidikan di Desa Pesanggrahan,” kata Tesa Hanifah, Senin (11/1).

Inisiasi membuat taman literasi, menurut Tesa merupakan solusi yang tepat guna membangun minat membaca bagi anak-anak di Desa Pesanggrahan. Selain melatih kegemaran membaca, menurut Hery sebagai ketua PETA mengatakan bahwa taman literasi juga akan mengadakan permainan tradisional untuk dimainkan bersama anak-anak.

“Baca buku bersama, belajar bersama, menghitung, pembelajaran umum dan agama, bermain permainan tradisional bersama, game modern, dan masih banyak lagi kegiatan seru dan bermanfaat yang ada di taman literasi ini,” tambah Hery.

Warga setempat menyambut baik niat komunitas PETA, salah satunya Ade Saifullah yang mewakili keresahan para orang tua di desa Pesanggrahan.

“Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami penurunan karena generasi muda kesulitan memahami pelajaran sejak pembelajaran daring ini mulai diterapkan, interaksi dengan gurupun kurang. Orang tua memiliki peran penting dalam pembelajaran daring namun sayangnya beberapa orang tua murid juga kurang memahami materi yang didapatkan sang anak. Maka rencana PETA ini bisa menjadi solusi untuk bagi anak-anak di Desa ini,” ujar Ade Saifullah ketika melihat kondisi pendidikan di tengah pandemi.

Komunitas PETA juga sempat berdiskusi dengan Rifan salah satu pengurus  komunitas My Hijrah My Advanture agar anggotanya dapat membuat Taman Literasi di Desa Pasanggrahan mengembangkan minat dalam membaca juga berliterasi. Asep yang menjadi Ketua My Hijrah My Advanture juga menyambut baik rencana tersebut. “Jika membawa dampak pada hal-hal kebaikan saya sangat menyambut baik hal itu terlebih jika harus mencerdaskan anak bangsa,” ujarnya.

Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PW PII) Jakarta Anja Hawari Fasya selaku Ketua Umum juga menyambut dengan baik komunitas PETA yang menjadi komunitas diaspora PII Jakarta. “Itikad baik itu sangat kami sambut dengan baik. Mengingat masyarakat, maju selalu mengandalkan keteramilan literasi Taman baca sebagai penyedia bahan bacaan merupakan komponen yang sangat penting. Semoga itikad baik ini berjalan lancer serta membawa perubahan pada khalayak masyarakat yang banyak, ” pungkas Anja. (Tesa/Fn)

Artikel Terkait

Back to top button