Banner IDwebhost
Jalan Pinggir

Mensyukuri Tunjangan Sertifikasi, Para Guru Membentuk Komunitas Berbagi Beras

Banner IDwebhost

Kesejahteraan guru secara umum meningkat semenjak ada Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang diatur dalam PP Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, Serta Tunjangan Kehormatan Profesor. Komunitas guru di Kecamatan Karanggayam, menyukuri hal itu dengan membagikan beras kepada orang-orang yang masih membutuhkan bantuan. Bantuan dikumpulkan dan diberikan setiap tiga bulan sekali, mengikuti masa pencairan tunjangan sertifikasi guru. Dari sinilah kemudian terbentuk Komunitas Berbagi Beras Kebumen, Jawa Tenhah, pada tahun 2018.

“Penyaluran kita laksanakan dalam periode tiga bulanan karena kita mengikuti periode pencairan tunjangan profesi guru. Kami bersama-sama menyisihkan untuk berdonasi. Semoga dengan kegiatan ini keberkahan mengalir untuk kita semua,” cerita Wasimin, penasehat Komunitas Berbagi Beras Kebumen, beberapa waktu lalu.

Wasimin yang juga Kepala SDN 1 Karanggayam beberapa waktu lalu menceriterakan kegiatan dari Komunitas Berbagi Beras Kebumen. Menurut Warso selaku koordinayor penyaluran yang mendampinginya, menjelaskan bahwa untuk tahun 2020, sudah dilakukan penyaluran tahap pertama pada bulan Juli sebanyak 100 paket @5kg beras. Kriteria masyarakat yang mendapat bantuan adalah miskin, janda/duda jompo, yatim/yatim piatu dan difabel parah.

“Penyaluran dilakukan di beberapa desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Karanggayam, Pejagoan, Sruweng dan Karangsambung,” jelas Warso.

Menurut guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SD N 2 Kalibening, Kecamatan Karanggayam ini, penyaluran tahap kedua direncanakan pada pertengahan bulan Agustus.

“Fokus utama desa di Kecamatan Karanggayam dan beberapa desa di Kecamatan Sadang, Karangsambung, Pejagoan, Karanganyar, Sruweng, Sempor dan Rowokele,” jelas Warso yang juga koordinator KKG PAI Kecamatan Karanggayam.

Salah satu duda jompo penerima manfaat, Mbah  Pangat (80 tahun) warga Desa Wonotirto, Kecamatan Karanggayam, merasa sangat terbantu dengan bantuan beras dari  Komunitas Berbagi Beras.

“Kula ngaturaken matur nuwun awit bantuan saking berbagi beras Kebumen niki.” (Saya mengucapkan terima kasih karena bantuan dari berbagi beras Kebumen ini).

Sepeninggal istrinya Mbah Pangat hidup sebatang kara  di rumahnya di pinggiran aliran sungai lukulo.

“Kanthi wontene bantuan beras niki kulo kabiyantu sanget. Mugi-mugi para donatur pikantuk rejeki ingkang kathah lan barakah. Aamiin,” (Dengan adanya bantuan ini saya sangat terbantu. Semoga para donatur mendapatkan rezeki yang banyak dan berkah. Aamiin), tuturnya.

Ditambahkan Warso, bahwa beras yang disalurkan komunitasnya bisa lebih luas lagi jika semakin banyak donatur yang ikut berpartisipasi.

Senada dengan Warso, Wasimin juga berharap ke depan aksi ini bisa menjadi lebih luas menjangkau wilayah Kabupaten Kebumen. Karena itu dirinya berharap kepada semua warga yang tergerak untuk bisa bersatu padu dalam kegiatan ini.

“Saya berharap aksi sosial ini menjadi gerakan bersama. Semua elemen masyarakat bisa ikut berpatisipasi, semakin banyak dana terkumpul maka semakin banyak penerima manfaat yang dapat kita jangkau,” ujarnya.

Untuk berpartisipasi dalam kegiatan Komunitas Berbagi Beras Kebumen bisa ditransfer melalui rekening BRI 6723-01-005669-53-4 atas nama Suhartati dengan konfirmasi donasi ke nomor 087737787896.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker