Banner IDwebhost
Jalan Pinggir

Perbumma Adat Nusantara Juga Rencanakan Pelatihan Bela Negara

Banner IDwebhost

Kanigoro.com – Terbentuknya Perkumpulan Badan Usaha Milik Masyarakat (Perbumma) Adat Nusantara beberapa waktu lalu, adalah untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah. Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum bisa diprediksi kapan selesainya, ada sebuah harapan dari Perbumma Adat Nusantara untuk menanggapi situasi secara positif.

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Umum Koorbid Kerjasama dan Kelembagaan DPP Perbumma Adat Nusantara, Fauzy Aly, kepada media di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Jumat (2/10) malam.

“Perbumma Adat Nusantara jauh-jauh hari sudah mengarah kepada progam ketahanan pangan, sesuai yang diprogramkan Presiden RI Joko Widodo. Perbumma Adat Nusantara akan bekerjasama dengan TNI dan Polri, Pemda, Gubernur, Bupati, Walikota dan seluruh stakeholder baik di pusat maupun di daerah,” jelas Fauzy.

Lebih lanjut dijelaskan pria berdarah Aceh ini, bahwa Perbumma Adat Nusantara akan merangkul seluruh purnawirawan TNI-Polri untuk bersama-sama turun ke masyarakat adat dan perdesaan untuk terciptanya ketahanan dan kemandirian pangan. Kerja sama dengan luar negeri juga akan dijalin terkait dengan adat-istiadat dan pangan.

Baca juga: Gagasan Pembentukan Perbumma Adat Nusantara Akhirnya Terlaksana

“Misi Presiden tentang ketahanan pangan perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat, apalagi Perbumma Adat Nusantara yang notabene mempunyai basis di pedesaan. Inilah yang harus kita sinergikan,” tegasnta.

Menyinggung tentang bentuk kerja sama Perbumma Adat Nusantara dengan instansi-instansi terkait dan stake holder, Fauzy membeberkan rencananya.

“Kami nantinya akan membuat MoU (Memorandum of Understanding) baik di pusat maupun di daerah, termasuk kader-kader di daerah yang kami harapkan bisa menjadi ujung tombak untuk ketahanan pangan. Kita sudah rancang pelatihan bagi pemuda-pemuda di daerah, serta kerja sama kami dengan TNI untuk melakukan pelatihan Bela Negara,” kata Fauzy.

Menurut Fauzy yang juga Satkernas KUP (Kelompok Usaha Pertanian) Suta Nusantara Untuk Ketahanan Pangan ini, langkah tersebut dilakukan untuk memperkuat rasa memiliki republik dan meningkatkan nasionalisme dalam jiwa dan raga.

Fauzi menambahkan eksistensi Perbumma Adat Nusantara akan terus ditingkatkan baik di daerah dan di pusat.

Baca juga: Kerja Sama dengan MPR RI, Perbumma Adat Nusantara Siapkan Program Kampung Empat Pilar

“Kita akan sowan kepada sesepuh, ketua adat di daerah, tokoh-tokoh msayarakat di daerah, tokoh agama dan pemerintahan daerah. Kearifan lokal masing-masing daerah tidak kita hilangkan, justru kehadiran Perbumma ini diharapkan menjadi nilai tambah, dan bermanfaaat bagi daerah,” terangnya.

Fauzy mengajak kepada semua pihak yang mendukung untuk menjadi calon-calon pengurus DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Perbumma Adat Nusantara.

“Kami membutuhkan rekomendasi dari ketua adat atau sesepuh di daerah masing-masing. Rekomendasi tersebut akan kami godok secara selektif sesuai dengan kemampuan dan profesionalitas yang mereka miliki. Tanpa ada dukungan atau rekomendasi dari ketua adat di daerah, kita tidak akan layani,” tutup Fauzy yang juga pernah aktif di Kosgoro. (MA-AMz)

Artikel Terkait