Isu majunya JR Saragih yang berpasangan dengan Mumtaz Rais dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk menyerang bapak reformasi Amien Rais. Hal itu dikatakan oleh pengamat politik Universitas Negeri Semarang (UNES) Labib Haryanto.

“Isu JR Saragih – Mumtaz Rais dimanfaatkan untuk menyerang Amien Rais,”kata Labib dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/10/2017).

Menurutnya, orang-orang yang menyerang Amien Rais disebabkan dendam saat Pilgub DKI dimana “bapak reformasi”tersebut vokal menyerukan untuk tidak memilih Ahok-Djarot. Dia menjelaskan mereka yang masih sakit hati terus mencari-cari kesalahan Amien bagaimanapun caranya.

“Saya melihat barisan sakit hati yang kalah dalam Pilgub DKI belum bisa move on dan terus mencari-cari kesalahan pak Amien,”ujarnya.

Namun, lanjut Labib, mereka akhirnya malu karena isu tersebut tidak benar dan sudah dibantah oleh Amien dan juga kader Partai Amanat Nasional (PAN).

“Sumber berita majunya JR Saragih – Mumtaz Rais sebenarnya dimuat oleh media yang tidak jelas dan hanya ramai di media sosial. Setelah ada klarifikasi saya lihat mereka juga seharusnya malu karena telah menghina pak Amien,”cetusnya.