Jalan Pinggir

Dari BNP2TKI ke BP2MI, Dari Perlindungan ke Pelindungan

Kanigoro.com – Pemerintah telah mengesahkan UU No 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, menggantikan UU No 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.

Setidaknya ada dua perubahan besar atau fundamental dari UU lama ke UU baru yakni berubahnya istilah TKI (Tenaga Kerja Indonesia) menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Demikian juga kalau pada undang-undang lama memakai istilah Penempatan dan Perlindungan, maka pada UU yang baru hanya menggunakan satu kata yakni: Pelindungan.

Sebagai konsekuensi dari UU tersebut, pemerintah juga sudah mengeluarkan Perpres Nomor 90 tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang otomatis akan mengubah BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia).

Perubahan tersebut tentu saja akan mengubah cara pandang dan nama stakeholder, misalnya apakah Asosiasi Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) akan berubah namanya menjadi Asosiasi Jasa Pekerja Migran Indonesia atau berubah menjadi nama lain. Demikian juga dengan para stakeholder yang lain.

Makna Pelindungan

Untuk memahami apa perbedaan makna antara Perlindungan dengan Pelindungan, kami kutip penjelasan Pusat Bahasa Indonesia tentang makna Perlindungan dan Pelindungan menurut pusat bahasa Indonesia.

Kata perlindungan dan pelindungan berasal dari kata dasar yang sama, yaitu lindung. Namun, imbuhan dan proses penurunannya berbeda. Kata perlindungan diturunkan dari lindung berlindung perlindungan, sedangkan pelindungan diturunkan dari lindung melindungi pelindungan.

Bandingkan kata perlindungan itu dengan persembunyian, peristirahatan, dan permukiman. Lalu, bandingkan pula kata pelindungan dengan penyembunyian, pengistirahatan, dan pemukiman. Berdasarkan proses pengimbuhannya, dapat diketahui bahwa makna kata perlindungan berhubungan dengan kata kerja berlindung, sedangkan kata pelindungan berhubungan dengan kata melindungi. Jadi, perlindungan berarti ‘tempat berlindung’, sedangkan pelindungan berarti ‘perihal melindungi’. Begitu pula kata persembunyian, peristirahatan, dan permukiman yang masing-masing berarti ‘tempat bersembunyi’, ‘tempat beristirahat’, dan ‘tempat bermukim’, sedangkan kata penyembunyian, pengistirahatan, dan pemukiman masing-masing berarti ‘perihal menyembunyikan’, ‘perihal mengistirahatkan’, dan ‘perihal memukimkan’. Berikut ini contoh pemakaian kata perlindungan dan pelindungan yang salah dan benar.

1.Rumah itu dijadikan pelindungan bagi kaum gelandangan (salah).
1a. Rumah itu dijadikan perlindungan bagi kaum gelandangan (benar).

2.Perlindungan pemerintah terhadap terhadap rakyat harus maksimal (salah).
2a. Pelindungan pemerintah terhadap rakyat harus maksimal (benar).

(mr-T)

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait

google.com, pub-7568899835703347, DIRECT, f08c47fec0942fa0
mgid.com, 469747, DIRECT, d4c29acad76ce94f