Kanigoro.com – Pengurus Besar Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (PB KB PII) mengharapkan agar Kalimantan Selatan menjadi percontohan bagi KB PII di seluruh Indonesia.

Ketua Bidang Konsolidasi Organisasi dan Pembinaan Wilayah PB KB PII Abdul Qadir Lamanelle mengemukakan harapan tersebut pada penutupan Musyawarah Wilayah (Muswil) V KB PII Kalimantan Selatan (Kalsel) di Rumah Makan Soraya Banjarmasin, Ahad (5/11).

Menurut mantan Ketua Umum KB-PII DKI Jakarta itu, KB PII Kalsel berpotensi untuk menjadi contoh bagi aktivis KB PII provinsi lain terutama di bidang pendidikan.

“Apalagi dengan rencana progam KB-PII Kalsel mau bekerja sama dengan donator dari Arab Saudi untuk membangun dunia pendidikan, di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota ini, terutama bidang pendidikan Islam,” tuturnya.

“Kami dari PB KB PII mengapresiasi dan sangat mendukung rencana membangun dunia pendidikan yang bernafaskan Islam tersebut, karena akan menjadi bagian dari kaderisasi umat,” lanjutnya.

Aktivis asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu optimistis rencana KB PII Kalsel membangun dunia pendidikan yang akan bekerja sama dengan donator dari Arab Saudi tersebut bisa terwujud.

Pasalnya selain kondisi masyarakat Kalsel yang bukan saja dengan jumlah terbanyak, tetapi juga cukup religius (agamis) sehingga potensi bagi KB PII di provinsi ini untuk membangun dunia pendidikan sangat terbuka.

Sementara H Chairani Idris yang terpilih kembali sebagai Ketua Umum KB PII Kalsel mengatakan, pihaknya mencari lahan di provinsi tersebut minimal seluas dua hektare (ha) untuk membangun kampus pendidikan Islam yang cukup bergengsi.

“Kalau ada lahan minimal dua ha, dan syukur kalau lebih, maka donator dari Arab Saudi tersebut siap membangunkan kampus pendidikan Islam,” lanjut mantan Direktur Nasional Taman Pendidikan Al Quran itu.

“Tapi lahan itu harus bersifat wakaf. Jadi kalau ada warga Kalsel yang bersedia mewakafkan tanahnya, danator dari Arab Saudi akan segera memproses rencana pembangunan kampus pendidikan Islam tersebut,” demikian Chairani Idris.

Muswil V KB PII Kalsel dihadiri 10 perwakilan Pengurus Cabang (Kabupaten) di Kalimantan Selatan, para tokoh masyarakat serta Anggota DPD asal Kalsel M Shofwat Hadi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PB KB PII.

Muswil yang berlangsung sehari ini mengambil tema “Membangun Generasi Muslim Banua Yang Lebih Islami”. Acara dibuka dan ditutup secara resmi oleh Ketua Bidang Konsolidasi Organisasi dan Pembinaan Wilayah PB KB PII Abdul Qodir Lamanelle, mewakili Ketua Umum PB KB PII. (th)*