Yogyakarta, Kanigoro.com – “Gedung YKU (Yayasan Kesejahteraan Umat) yang terletak di Jalan Mangkuyudan no 34 Yogyakarta merupakan Gedung Dakwah lslam dan Graha Pelajar Islam lndonesia (PII) Yogyakarta. Gedung ini menjadi kantor bersama ormas Islam, di antaranya PW KB PII (Pengurus Wilayah Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia) Yogyakarta Besar, PW PII Yogyakarta Besar, PD PII Kota Yogyakarta, WI (Wanita Islam) Wilayah Yogyakarta, dan Pengurus YKU,” demikian kata M. Halimi, ketua PW KB PII Yogbes dan juga ketua YKU, Selasa (8/9 2017).

Gedung ini merupakan warisan dari Bapak-bapak eks pejuang Masyumi. “Gedung YKU ini memiliki sejarah kejuangan umat Islam Yogyakarta, karena gedung ini merupakan warisan dari bapak- bapak eks Masyumi Yogyakarta”, tandas dosen MM UGM ini.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa gedung YKU dulu berada di Jalan Malioboro, tepatnya di depan gedung Van Den Berg, Yogyakarta. Lalu pindah ke Jalan Trikora. Kemudian pindah ke Jalan Ahmad Dahlan no 94 Yogyakarta. Karena gedung yang terdiri dari dua lantai di Jalan Ahmad Dahlan yang menjadi kantor YKU itu ditetapkan sebagai Gedung Cagar Budaya DIY, maka diadakan tukur guling dengan gedung di Jalan Mangkuyudan no 34 Kecamatan Matrijeron.

Pada tahun 2006 gedung YKU di Jalan Mangkuyudan itu hancur terkena gempa Yogyakarta. Tahun 2007 gedung YKU mulai dibangun, ketika PW KB PII Yogya dipimpin Ngatijan, dengan rencana prmbangunan tiga lantai, namun proses pembangunan berhenti pada tahap lantai satu karena kekurangan dana.

Pengurus Wilayah KB PII Yogyakarta, dan didukung elemen-elemen umat lainnya sejak Senin (7/8/2017) mulai meneruskan pembangunan gedung YKU tahap kedua, yakni pembangunan lantai 2 dan 3.

Menurut Ketua Tim Teknis Pembangunan Gedung YKU, Sigit Gaurisangkar, untuk menyelesaikan konstruksi lantai 2 dan 3 serta serta pengecoran plat atap lantai 3 diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp750 juta.

(keterangan: Warna kuning biru dan hijau kontruksi yg mau dikerjakan)

Saat ini, hasil dari iuran KB PII Yogyakarta sudah terkumpul dana Rp 350 juta atau masih kurang sekitar Rp 400 juta. “Kami mengharapkan
doa restu dan menghimbau kepada saudara-saudara umat Islam untuk ikut berpartisipasi secara suka rela dengan menyalurkan infaknya untuk pembangunan Gedung Dakwah lslam YKU dan Graha Pelajar Islam Yogyakarta”, kata Sigit Gaurisangkar.

Bantuan bisa dikirimkan ke Yayasan Kesejahteraan Umat (YKU) melalui Bank Syariah Mandiri, dengan nomor rekening: 7095489642 A/N Panitia Pembangunan Gedung YKU Yogyakarta.

(suasana pengerjaan lantai 2 Gedung YKU)

Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi

contact person:
Ridwan WA 0856 8877 465
Sudono WA 082134000584
Halimi WA 0812 1560 873
Heri/adik Pak Kuntowojoyo WA 0811 2575 009

(Laporan: Sudono Syueb)