Dunia IslamFeatured

Kader PII Sampaikan Orasi Ilmiah dalam Momentum Pelantikan dan Seminar Nasional

Kanigoro.com – Aisyah chairil resmi dilantik oleh wakil dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum  sebagai Ketua Umum Forum Mahasiswa Magister periode 2019-2020 di Teatrikal Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 

Dalam pelantikan tersebut, Aisyah yang sekarang masih menjabat sebagai Koordinator Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PII) Wati Yogyakarta Besar menyampaikan orasi Ilmiah dengan tema ” Hukum sebagai Panglima dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”. 

Dalam orasinya ia menyampaikan harapan agar formaster mendukung misi Universitas dalam program Internasionalisasi lewat program kerja yang akan dicanangkan ke depan. 

Selain itu, Aisyah menyampaikan bahwa sebagai warga negara hukum, khususnya sebagai mahasiswa hukum memiliki peran dan andil besar untuk membangun budaya hukum dalam tataran akademik. 

“Karena student today leader tomorrowakan dialami oleh mahasiswa magister kedepannya, sebelum berkecimpung di dunia akademisi ataupun praktisi sebagai mahasiswa harus belajar tentang keadilan secara holistic. Mencari ilmu sebanyak-banyaknya, belajar dengan benar dan baik,  kita harus memiliki pandangan multidisipliner dengan cara terkoneksi dan terintegrasi dengan ilmu-ilmu lainnya, namun tetap ahli dan pakar dalam satu bidang tertentu.” Kata Aisyah.

“Kita juga mengenal maqashid asy-syari’ah, tujuan hukum Islam, yakni mewujudkan keadilan dan kemaslahatan hidup. Menjamin hak asasi manusia tanpa mengganggu hak yang lainnya.” lanjut Aisyah.

“Sehingga kegamangan politik yang berdampak pada peraturan, tumpang tindih kekuasaan, jual beli jabatan yang menghambat orang-orang yang berkualitas, prinsip equality before the lawyang tidak merata dapat diperbaiki hingga akar rumput dengan mengikhtiarkan dan menjadikan hukum sebagai panglima, panglima yang memimpin dengan tepat dari segala dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara.” pungkas Aisyah.

Harapan besar pihak fakultas yang disampaikan oleh dekan bidang kemahasiswaan dan kerja sama, Sriwahyuni.

“Semoga formaster memiliki program yang dapat menunjang akademik dan research di tataran mahasiswa S2,  menghadirkan program yang berbasis go-Internasional dan bernuansa akademis.” Kata Seiwahyuni.

Kegiatan ini juga mengadakan seminar nasional, yang mengusung tema UU KPK: Perppu atau Judicial Review.  Yang dihadiri oleh Mahrus Ali dan Hifdzil Alim direktur Hicon Law and Police Strategies. Dan dimoderatori oleh Proborini Hastuti selaku dosen FSH UIN Suka. (Fn)

Selanjutnya

Artikel Terkait