Berita

Ketua DPP Golkar Ricky Rachmadi: Bangsa Ini Berterimakasih pada TKI

Kanigoro.com – Para Tenaga Kerja Indonesia yang merupakan pahlawan devisa dan bekerja di berbagai sektor di negara Filipina, termasuk beberapa kelompok di antaranya sengaja datang dari Thailand, Sabtu (30/11) lalu menghadiri perhelatan pembukaan Sea Games 2019 yang digelar di Philippine Arena, Bulacan, Filipina.

Para TKI tersebut memberikan dukungan terbuka sekaligus atraktif bagi kontingen Garuda, selain mengibarkan bendera merah putih saat menyaksikan defile atau pawai kontingen Indonesia.

“Kehadiran mayoritas TKI yang berada di berbagai penjuru negara Filipina saat pembukaan Sea Games 2019 kemarin sungguh sangat mengharukan, dan tentu saja membuat kita semua bangga,” ujar Ketua DPP Golkar Bidang Ekokraf Ricky Rachmadi, Ahad (1/12) di Jakarta.

Menurut Ricky, pembukaan Sea Games yang dipusatkan di Philippine Arena memang menyedot perhatian TKI utamanya yang bekerja di sejumlah negara tetangga Filipina untuk datang langsung menyaksikan perhelatan pembukaan Sea Games, sehingga peristiwa itu pun ikut menyedot pula perhatian TKI baik yang bekerja di Filipina ataupun di negara tetangga termasuk Malaysia dan Singapura.

Sementara itu, kontingen Indonesia melakukan defile dalam pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, yang dengan penuh antusias membawa bendera kebangsaan merah putih dan para peserta kontingennya juga dibalut dengan simbol burung Garuda.

Bahkan, antusiasme para TKI yang menyaksikan defile atlet Indonesia tampak cukup menonjol ketika mereka menggunakan atribut hiasan bendera merah putih yang ditempel di wajah.

Ricky menambahkan, partisipasi atau dukungan langsung para TKI ini penting untuk diapresiasi guna menumbuhkan semangat berkompetisi para atlet nasional Indonesia selama agenda Sea Games 2019 berlangsung.

Di luar itu, para TKI yang menunjukkan dukungan istimewa untuk Indonesia harus ditempatkan sebagai wujud kecintaannya kepada sesama anak bangsa yang sedang bertanding di luar negeri.

“Sesungguhnya, setiap event pertandingan yang melibatkan bangsa kita di luar negeri di mana pun juga, pasti banyak TKI yang bukan sekadar hadir namun otomatis menjadi pendukung atau supporter aktif,” jelas Ricky.

Terkait banyaknya TKI yang bekerja di luar negeri, menurut Ricky, tentu patut dijadikan aset strategis karena telah memberikan sumbangan devisa bagi bangsa di tanah air, melalui pengiriman uang TKI terutama yang dikirimkan kepada masing-masing keluarga.

Tags
Selanjutnya

Artikel Terkait