Berita

Ketika Empat Menteri Jokowi Duduk di Kelas Ekonomi Pesawat

Kanigoro.com – Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Hendra J Kede, terkaget-kaget saat masuk dalam pesawat Garuda GA 537 penerbangan Banjarmasin-Soekarno Hatta Jakarta, jam 15:15 WITA, 8 Februari 2020.

Dia tak menyangka akan menemukan pemandangan tak biasa di dalam pesawat. Dia menemukan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, ramai-ramai duduk di kelas ekonomi. Bukan di kelas bisnis ala pejabat negara selama ini.

”Boardingpass penerbangan ini menjadi punya nilai. Di pesawat ketemu dengan 4 Menteri Kabinet Indonesia Maju. Keempatnya duduk berserakan. Ada yang di depan, setengah di tengah, di tengah, dan di belakang. Stafnya pun berserakan alias ndak deket menterinya,” tulis Hendra di akun media sosial facebooknya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, menjadi Menteri pertama yang ditemui Hendra duduk di kelas ekonomi. Tepatnya di kursi 21. Dia langsung mengajak selfie.

Awalnya dia mengira ini hanya suatu kebetulan. Namun tak lama, di kursi barisan 27, dia kembali melihat Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, duduk tanpa didampingi ajudan.

”Sambil ada rasa heran melebihi heran saat ketemu Bu Siti Nurbaya. Bagaimana tidak, ini adalah Menteri dan Kementerian paling tajir dalam anggaran proyek infrastruktur. Lha kok Menterinya kelas ekonomi? Ndak didampingi staf lagi disebelahnya. Ini di luar pakem nampaknya,” tulis Hendra.

Keterkejutan Hendra belum berhenti, ketika melihat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menkominfo Jhonny G Plate, juga duduk di kelas ekonomi.

”Bangganya saya dengan peristiwa ini. 2 Menteri adalah mantan birokrat (Bu Siti Nurbaya dan Pak Basuki) yang berkarir dari staf di PNS, 1 Menteri adalah mantan Perwira Tinggi bintang 3 TNI AD (Bapak Terawan), 1 Menteri adalah politikus, sekjen parpol besar, Partai Nasdem (Bapak Jhonny G Plate),” lanjut Hendra dalam tulisannya.

Hendra menuliskan bahwa keempat menteri yang duduk di kelas ekonomi tersebut, kementeriannya masuk klaster informatif.

Hendra menuliskan bahwa keempat menteri yang duduk di kelas ekonomi tersebut, kementeriannya masuk klaster informatif.

Dia disapa ramah Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur NTB yang Provinsi tersebut juga masuk klaster informatif.

”Tampaknya ke depan kelas ekonomi sebangun dengan kelas informatif?” tulis Hendra menutup posting-annya.

Selanjutnya

Artikel Terkait

google.com, pub-7568899835703347, DIRECT, f08c47fec0942fa0
mgid.com, 469747, DIRECT, d4c29acad76ce94f