ArtikelFeatured

Sepak Bola SEA Games: Tak Bisa Keluar, Asnawi cs Kalah dari Vietnam

Oleh : M. Nigara (Wartawan Sepakbola Senior)

Ditekan lebih dari 55 menit, tim nasional sepak bola Indonesia, kalah 2-1 dari Vietnam. Meski demikian, timnas Indonesia berpeluang menjadi runner up grup B dan lolos ke semifinal, Sea Games ke-30 di Manila.

Meski peluang tetap terbuka, Indra Sjafri dan tim pelatih hendaknya segera mencari cara yang tepat agar anak-anak mampu keluar dari tekanan. Di laga ketiga melawan Vietnam yang disaksikan langsung oleh Menpira Zainudin Amali, Ahad malam (1/12) di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filiphina itu, Asnawi Mangkualam, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Sani Rizki Fauzi, dan kawan-kawan itu tak mampu keluar dari tekanan. Hampir 55 menit, gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata, berulang kali terancam.

Sejak menit ke 30, pertahanan timnas kita terus ditekan dan tertekan. Sebelumnya, di menit ke-23, Sani Rizki, mampu mencetak gol melalui kepala, 1-0. Tapi Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Hoang Duc, berhasil membalikan keadaan hingga Vietnam unggul 2-1.

Tertekan

Bermain dengan bola-bola pendek, Osvaldo Haay, Zahrul Milla, Saddil Ramadani cs, awalnya cukup efektif. Tapi Vietnam lebih cerdik. Mereka mengikuti pola itu dengan kombinasi bola-bola panjang.

Akibatnya Vietnam seperti selalu kelebihan pemain. Berulang-ulang kita menyaksikan anak-anak Park Hang-So asal Korea ini mampu menembus hingga ke jantung pertahanan. Beruntung penjaga gawang Indonesia Nadeo tampil cemerlang maka kekalahan lebih besar jadi terhindar.

Nah, jika Indra Sjafri tak segera menemukan cara paling efektif agar anak asuhnya bisa keluar dari tekanan, meski di atas kertas dua lawan terakhir berada di bawah, tapi pesta gol sulit terjadi. Vietnam dan Thailand yang saat ini memimpin grup B, bisa tetap berada di situ. Vietnam bukan hanya memiliki 9 poin, tapi juga surplus gol 14-2. Thailand memiliki poin sama, 6 tapi selisih golnya lebih baik, 10-2. Dan Indonesia di posisi ketiga dengan selisih gol 5-2.

Dengan begitu, saat bertemu Brunei Darussalam, Selasa (3/12) dan terakhir vs Laos, Rabu (5/12) harus menang di atas lima gol. Jika itu yang terjadi, maka langkah kita ke semifinal tetap sangat terbuka.

Sekali lagi, di atas kertas kita bisa menang dengan mudah, tapi Asnawi harus mampu keluar dari tekanan lawan.

Semoga timnas kita bisa keluar dari tekanan. Tetap semangat…

Tags
Selanjutnya